Tips Membuat Empat Menu Buka Puasa Khas Turki (4-Habis)

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

 Senin 04 May 2020 11:52 WIB

Foto: Empat Menu Buka Puasa Khas Turki Foto: dailysabah.com Foto: Empat Menu Buka Puasa Khas Turki

Tak ada salahnya mencoba membuat empat menu buka puasa khas Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Puasa sudah hampir di sepertiga awal dari bulan suci Ramadhan. Bagi ibu rumah tangga untuk menyiapkan sajian berbuka mungkin saja memasak yang itu-itu saja.

dailysabah.com telah membagikan resep yang bisa untuk dicoba di rumah dengan bahan dan cara memasak yang tidak terlalu sulit.

Menu hidangan Ramadhan dimulai dengan sup ayam kental yang disebut Saray Corbasi, dilanjutkan dengaan zucchini isi dan sisi pacanga borek yang renyah dan diakhiri dengan secangkir stroberi berlapis makanan penutup modern.

4. Secangkir stroberi berlapis

Ini mungkin terasa sedikit keluar dari tema, tetapi mengingat stroberi sedang musim, sayang untuk tidak memasukkannya ke dalam menu kecil namun lezat.

Bahan
500 gram hingga satu kilogram stroberi (gunakan sebanyak  yang Anda suka)

600 ml susu

4 sendok makan gula (atau kurang)

1 sendok makan tepung pati

3 sendok makan tepung terigu

100 gram cokelat hitam

200 ml krim kental

3 sendok makan gula bubuk

Cara memasak

Siapkan krim kental dengan gula halus. Tambahkan stroberi cincang sebagai lapisan pertama cangkir dan tambahkan beberapa sendok krim kocok untuk menutupinya. Jumlahnya terserah Anda.

Campur tepung pati, tepung terigu dan gula dalam mangkuk terpisah dengan sedikit susu sambil Anda mendidihkan sisa susu di atas kompor. Tambahkan campuran tepung manis ke dalamnya perlahan, terus campur untuk menghilangkan gumpalan. Jangan sampai puding menempel pada dasarnya dan terbakar.

Saat mulai menebal, tambahkan cokelat dan matikan api setelah sudah benar-benar menyatu. Biarkan puding cokelat menjadi dingin dan tambahkan ke bagian krim kocok dengan hati-hati. Tergantung pada seberapa dalam cangkir Anda, Anda dapat menambahkan lapisan stroberi cincang atau setengahnya lagi dan lapisan krim kocok. Akhiri dengan stroberi utuh atau cincang di atasnya.

Tips

Ini mungkin cangkir stroberi, tetapi tentu saja bisa dibuat dengan buah lain juga. Anda bahkan bisa mencampurkan beberapa jenis buah. Tuang cokelat leleh di atas sebagai sentuhan akhir dapat membuat cawan ini terlihat dan terasa lebih enak.

Menambahkan wafer sebagai hiasan yang dapat dimakan juga menyenangkan. Biarkan kreativitas Anda mengalir. Urutan Anda menumpuk ini tidak masalah. Anda bisa bereksperimen dengannya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X