Tips Membuat Empat Menu Buka Puasa Khas Turki (3)

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

 Senin 04 May 2020 11:51 WIB

 Foto: Empat Menu Buka Puasa Khas Turki Foto: dailysabah.com Foto: Empat Menu Buka Puasa Khas Turki

Tak ada salahnya mencoba membuat empat menu buka puasa khas Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Puasa sudah hampir di sepertiga awal dari bulan suci Ramadhan. Bagi ibu rumah tangga untuk menyiapkan sajian berbuka mungkin saja memasak yang itu-itu saja.

dailysabah.com telah membagikan resep yang bisa untuk dicoba di rumah dengan bahan dan cara memasak yang tidak terlalu sulit.

Menu hidangan Ramadhan dimulai dengan sup ayam kental yang disebut Saray Corbasi, dilanjutkan dengaan zucchini isi dan sisi pacanga borek yang renyah dan diakhiri dengan secangkir stroberi berlapis makanan penutup modern.

3. Pacanga Borek

Ada begitu banyak jenis borek yang berbeda di Turki dan Timur Tengah pada umumnya, tetapi yang satu ini tampaknya, paling istimewa Ramadhan. Mungkin itu karena pastirma, yaitu daging sapi kering yang diawetkan hinga mengering. Jika telah merasakan, menu ini  adalah suguhan lezat yang perlu Anda coba.

Bahan

200 gram pastirma (atau jenis daging lain yang diawetkan)

2 tomat

2 paprika hijau

200-300 gram keju parut

3 kue pastri

200 gram remah roti

1 butir telur

minyak untuk menggoreng

Cara memasak

Potong tomat, pastrima dan paprika menjadi potongan-potongan kecil dan campur bersama keju parut. Potong setiap lembar kue pastri bulat, mulai langsung melalui tengah, untuk mendapatkan delapan segitiga panjang.

Taruh sedikit campuran keju di ujung lebar pastry, lipat sisi dan gulung. Sekarang kocok telur sedikit, letakkan borek di piring besar dan lapisi telur di kue sebelum menggulungnya di remah roti. Goreng sampai berwarna cokelat keemasan dan setelah matang, selamat menikmati, rasanya paling enak saat panas atau paling tidak hangat.

Tips

Tergantung pada seberapa besar lembaran kue pastri Anda, Anda mungkin membutuhkan telur dan remah roti lebih banyak untuk membuatnya.

Untuk membuatnya sedikit lebih berat, Anda bisa memanggangnya dalam oven.

Jika Anda tidak suka remah roti sebagai remah atau tidak mau repot, Anda bisa menghindari langkah ini. Banyak orang membuatnya tanpa itu.

Anda bisa membuatnya sebelumnya dan menyimpannya di dalam freezer tanpa menambahkan campuran telur dan remah roti.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X