Tips Membuat Empat Menu Buka Puasa Khas Turki (2)

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

 Senin 04 May 2020 11:50 WIB

Foto: Empat Menu Buka Puasa Khas Turki Foto: dailysabah.com Foto: Empat Menu Buka Puasa Khas Turki

Tak ada salahnya mencoba membuat empat menu buka puasa khas Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Puasa sudah hampir di sepertiga awal dari bulan suci Ramadhan. Bagi ibu rumah tangga untuk menyiapkan sajian berbuka mungkin saja memasak yang itu-itu saja.

dailysabah.com telah membagikan resep yang bisa untuk dicoba di rumah dengan bahan dan cara memasak yang tidak terlalu sulit.

Menu hidangan Ramadhan dimulai dengan sup ayam kental yang disebut Saray Corbasi, dilanjutkan dengaan zucchini isi dan sisi pacanga borek yang renyah dan diakhiri dengan secangkir stroberi berlapis makanan penutup modern.

2. Menu Zucchini (Timun jepang)  isi

Ada banyak cara untuk membuat menu zucchini, dan ada cara untuk membuatnya dengan isian. Kami menggunakan bulgur dalam isian kami, tetapi nasi juga bisa digunakan, meskipun sedikit mempengaruhi rasanya.

Bahan


5 hingga 6 buah zucchini

350 gram daging cincang

250 gr bulgur (koftelik) atau bisa diganti nasi

1 sendok teh pasta tomat

1 sendok teh lada

1 bawang

Lada hitam, garam, bubuk paprika merah, jintan (secukupnya)

Minyak zaitun

Yogurt dan bawang putih (topping, opsional)


Cara memasak

Masukkan daging cincang, bulgur, tomat dan lada, bawang cincang halus dan bumbu ke dalam mangkuk dan uleni sampai tercampur rata.

Potong zucchini menjadi potongan setebal 2-3 sentimeter dan ambil bijinya bersama beberapa sisi untuk memberi ruang isian. Isi zucchini dengan bahan isian. Masukkan semua potongan yang sudah diisi ke dalam panci dan beri sedikit minyak zaitun di atasnya dan tuangkan air ke dalam panci, pastikan air tidak menenggelamkan zucchini.

Biarkan mereka memasak selama sekitar 40 menit dengan tutupnya. Tergantung pada ukuran dan kedalaman wajan Anda, Anda mungkin perlu menambahkan lebih banyak air saat memasak, cukup awasi saja. Setelah matang, Anda bisa menyiram campuran yogurt dan bawang putih cincang di atas zucchini untuk menambah kelezatan sebelum disajikan.

Tips

Tidak semua orang suka bawang putih, jadi alih-alih menyiramkan yogurt langsung, bisa disajikan dalam mangkuk kecil di sampingnya.

Jika mengalami kesulitan memasak zucchini atau Anda ingin aman dan ingin mereka memasak lebih cepat, tusuk mereka dengan garpu beberapa kali.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X