Tips Membuat Empat Menu Buka Puasa Khas Turki (1)

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

 Senin 04 May 2020 11:48 WIB

Tips Membuat Empat Menu Buka Puasa Khas Turki Foto: dailysabah.com Tips Membuat Empat Menu Buka Puasa Khas Turki

Tak ada salahnya mencoba membuat empat menu buka puasa khas Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Puasa sudah hampir di sepertiga awal dari bulan suci Ramadhan. Bagi ibu rumah tangga untuk menyiapkan sajian berbuka mungkin saja memasak yang itu-itu saja.

dailysabah.com telah membagikan resep yang bisa untuk dicoba di rumah dengan bahan dan cara memasak yang tidak terlalu sulit.

Menu hidangan Ramadhan dimulai dengan sup ayam kental yang disebut Saray Corbasi, dilanjutkan dengaan zucchini isi dan sisi pacanga borek yang renyah dan diakhiri dengan secangkir stroberi berlapis makanan penutup modern.

1. Sup ayam ala Ottoman

Sup ini dikenal dalam bahasa Turki sebagai Saray Corbasi, yang secara harfiah berarti sup istana, dan dikatakan berasal dari zaman Utsmaniyah.

Bahan-bahan

1 dada ayam utuh

1 kaki ayam

2 wortel

1 daun salam

1 sendok teh lada hitam

1 kuning telur

2 sendok makan yogurt

Air perasan setengah buah lemon

1 sendok teh garam

4 sendok makan tepung

Cara memasak

Rebus dada dan kaki ayam bersama-sama dengan daun salam, wortel dan lada hitam sampai ayam matang. Tuang kaldu yang telah keluar aromanya melalui saringan ke panci lain dan potong daging menjadi potongan-potongan kecil.

Dalam mangkuk terpisah campur kuning telur, tepung, air perasan lemon dan yogurt. Tambahkan sekitar satu gelas kaldu ayam ke dalam campuran ini, aduk rata dan aduk kembali ke dalam kaldu ayam.

Tambahkan sekitar setengah liter air mendidih ke dalam sup dan aduk sampai mulai mendidih. Kemudian tambahkan potongan ayam dan garam, dan biarkan mendidih selama 15 menit. Matikan dan sajikan.

Tips

Untuk menambah semangat, Anda dapat menyajikan sup ini dengan sedikit mentega cair yang dibumbui dengan bubuk cabe merah. Anda juga bisa menambahkan hingga tiga daun salam ke dalam kaldu ayam awal jika Anda ingin rasa yang lebih kuat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X