Bukan Berpuasa yang Bikin Jerawatan Saat Ramadhan, Ini Dia Biang Keladinya

Red: Reiny Dwinanda

 Senin 11 Apr 2022 18:12 WIB

Jerawat (ilustrasi). Salah memilih makanan berbuka puasa dapat memicu munculnya jerawat. Foto: www.freepik.com Jerawat (ilustrasi). Salah memilih makanan berbuka puasa dapat memicu munculnya jerawat.

Sebagian orang menjadi jerawatan saat menjalani puasa Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jerawat termasuk salah satu masalah kulit yang bisa muncul saat Anda berpuasa di bulan suci Ramadhan. Penyebabnya bukan karena aktivitas puasa, melainkan kesalahan dalam memilih makanan berbuka puasa.

"Jerawat bisa terjadi pada orang yang berpuasa, akan tetapi bukan karena puasanya," ujar dr Aninda Marina SpDV dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) dalam sebuah konferensi pers daring, dikutip Senin (11/4/2022).

Baca Juga

Aninda yang berpraktik di Klinik Bamed mengatakan, berbuka puasa dengan makanan manis berlebihan menjadi sumber masalahnya. Konsumsi makanan manis berlebihan saat berbuka bisa menyebabkan gula darah dan hormon insulin tiba-tiba naik.

"Dibilang berbuka puasa harus makan yang manis-manis, sedangkan kalau kita berpuasa lalu langsung makan manis otomatis gula darah langsung naik, begitu juga dengan hormon insulin juga langsung naik," kata dia.

Akibatnya, muncul komponen yang dinamakan insulin growth factor (IGF) yang sangat berperan terhadap pembentukan jerawat. Jadi, menurut Aninda, makanan manis yang berlebihan itulah yang sebenarnya bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X