Jumat 29 Oct 2021 18:15 WIB

Hindari Jenis Minuman Ini untuk Jaga Kekebalan Tubuh 

Ada beberapa jenis minuman yang berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Mengonsumsi minuman bersoda
Foto: Youtube
Mengonsumsi minuman bersoda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda perlu meningkatkan kekebalan tubuh pada saat perubahan musim. Dilansir dari eatthis pada Jumat (29/10), jika Anda ingin melindungi sistem kekebalan dan tetap sehat, Anda perlu menghindari beberapa jenis minuman.

Minum Soda 

Baca Juga

Soda sangat buruk untuk sistem kekebalan tubuh. Soda penuh dengan gula atau pemanis buatan yang diketahui dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini membuat lebih sulit untuk melawan infeksi.

Minum Kafein terlalu banyal

 

Minum terlalu banyak kafein (lebih dari 400 miligram per hari) atau minum kafein terlalu malam dapat memengaruhi tidur Anda. Ini dapat berdampak besar pada sistem kekebalan tubuh. Namun, minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh memiliki manfaat anti-inflamasi yang mungkin mendukung sistem kekebalan Anda, jadi batasi diri Anda untuk beberapa porsi di pagi hari.

Alkohol

Asupan alkohol jangka panjang berdampak negatif pada fungsi sel pendukung sistem kekebalan tubuh. Hal ini meningkatkan kemungkinan Anda sakit.

Minuman mengandung banyak aditif

Ada hubungan yang jelas antara bakteri usus dan sistem kekebalan tubuh. Minuman yang mengandung banyak aditif seperti pengemulsi, pengental, dan pemanis buatan telah ditemukan berpotensi berbahaya bagi bakteri usus kita yang sehat. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement