Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

6 Minuman Pagi yang Bisa Turunkan Berat Badan

Kamis 28 Oct 2021 06:05 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah

Jenis minuman yang dikonsumsi saat sarapan juga bisa bantu turunkan berat badan.

Jenis minuman yang dikonsumsi saat sarapan juga bisa bantu turunkan berat badan.

Foto: Flickr
Jenis minuman yang dikonsumsi saat sarapan juga bisa bantu turunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sarapan menjadi waktu makan terpenting dalam memulai keseharian. Sebab, makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika sarapan memiliki dampak besar pada kesehatan secara keseluruhan.

Pakar Diet yang juga penulis buku The First Time Mom's Pregnancy Cookbook dan Fueling Male Fertility, Lauren Manaker, mengatakan, sarapan juga menjadi waktu makan terpenting apabila ingin menurunkan berat badan. Selain makanan, jenis minuman yang dikonsumsi saat sarapan juga berpengaruh terhadap berat badan.

Baca Juga

Dilansir dari laman EatThis, Rabu (27/10), berikut beberapa jenis minuman yang disarankan Manaker untuk dikonsumsi saat sarapan apabila ingin menurunkan berat badan.

 

1. Teh Hijau

Teh hijau sering disebut sebagai minuman 'ajaib'. Tidak hanya membantu mencegah diabetes, meningkatkan kesehatan otak dan jantung, serta mengurangi risiko kanker, tetapi juga bisa membantu menurunkan dan mengontrol berat badan.

"Teh hijau secara alami mengandung EGCG, senyawa yang dapat mendukung pembakaran lemak dan menghalangi pembentukan sel-sel lemak baru, yang menjadikannya minuman sarapan penurun berat badan yang sangat baik," kata Manaker.

 

2. Kopi

Berita baik bagi penikmat kopi, yakni minum kopi di pagi hari termasuk di dalam daftar minuman terbaik untuk sarapan. Namun, khati-hati dengan bahan yang ditambahkan ke secangkir kopi.

"Kopi mengandung kafein, stimulan yang dapat mendukung pemecahan lemak, sehingga selama kopi tidak mengandung krim, gula, atau bahan lain yang dapat mengemas kalori, kopi bisa menjadi penambah berat badan namun juga bisa menjadi minuman penurun berat badan," kata Manaker.

 

3. Infused Water

"Air adalah minuman bebas kalori paling klasik. Namun, jika perlu adanya sedikit rasa, maka memasukan buah-buahan dan rempah-rempah dapat membuat minuman yang menghidrasi ini sedikit lebih menyenangkan diminum," kata Manaker.

Air lemon secara khusus dikenal untuk membantu meningkatkan penurunan berat badan. Selain membuat merasa kenyang lebih lama, air lemon juga meningkatkan metabolisme dan mendorong lebih banyak hidrasi.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA