Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Jarang Diketahui, 6 Makanan & Minuman Ini Mengandung Kafein

Jumat 29 Oct 2021 00:35 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Makanan dan minuman ini mengandung kafein dalam jumlah ringan hingga sedang.

Makanan dan minuman ini mengandung kafein dalam jumlah ringan hingga sedang.

Foto: Pixabay
Makanan dan minuman ini mengandung kafein dalam jumlah ringan hingga sedang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi kafein memang bermanfaat dapat meningkatkan energi, memori, dan konsetrasi. Akan tetapi, jika mengonsumsinya terlalu banyak juga dapat memicu kegelisahan, kecemasan, atau gugup.

Ahli gizi holistik Miriam Amselem mengatakan, konsumsi berlebihan kafein bisa memengaruhi pencernaan, tekanan darah, detak jantung, dan tidur. Terlebih, pada anak-anak, konsumsi kafein harus sangat hati-hati karena berisiko merusak jantung, sistem saraf, dan pembuluh darah. 

Baca Juga

Jika merasa terlalu banyak mengonsumsi kafein, Amselem menyarankan untuk minum lebih banyak air. Kafein dapat membuat seseorang dehidrasi dalam jumlah banyak. 

Jika telah memengaruhi sistem pencernaan, cobalah beberapa elektrolit. Untungnya, tidak sulit untuk pulih dari kelebihan kafein.

Sebagian besar orang mungkin hanya mengetahui kafein terkandung di dalam kopi atau teh. Padahal, ada beberapa macam minuman dan makanan yang juga mengandung kafein cukup tinggi.

Menurut para ahli, kafein juga terkandung dalam berbagai asupan, mulai dari sereal hingga air minum kemasan. Kafein yang terkandung juga beragam, yakni dari jumlah ringan hingga sedang.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang juga dapat mengandung kafein, seperti dilansir dari Martha Stewart, Jumat (29/10).

1. Teh hijau

Kafein juga rupanya tersembunyi dalam teh hijau yang dianggap menenangkan. 

"Banyak orang mengira teh hijau adalah teh herbal, padahal tidak," jelas Amselem. 

Teh hijau berasal dari daun yang sama dengan teh hitam. Teh ini tentu memiliki kandungan kafein yang hampir sama banyaknya dengan teh lainnya.

2. Permen batangan

Permen apa pun yang mengandung cokelat dapat mengandung kafein. Kafein terjadi secara alami dalam biji kakao, seperti halnya senyawa theobromine, yang juga bertindak sebagai stimulan. 

Varietas cokelat yang lebih gelap sebenarnya memiliki pengaruh besar terhadap kandungan kafein. Permen batangan umumnya memiliki kandungan kurang dari 10 miligram, tetapi semakin gelap cokelatnya, semakin tinggi kandungan kafeinnya.

3. Sereal

Secangkir kopi pagi mungkin bukan satu-satunya kafein yang dikonsumsi saat sarapan. Menurut Amselem, sereal sarapan tertentu dengan rasa cokelat juga mengandung kafein. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA