Selasa 25 May 2021 17:30 WIB

Hansi Flick Latih Timnas Jerman Usai Euro 2020

Hansi Flick akan menggantikan posisi Joachim Loew.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Hansi Flick latih timnas Jerman usai Euro 2020.
Foto: EPA-EFE/Matthias Hangst
Hansi Flick latih timnas Jerman usai Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, FRANKFURT -- Hansi Flick resmi ditunjuk menggantikan Joachim Loew sebagai pelatih timnas Jerman. Namun, eks pelatih Bayern Muenhcen itu baru secara resmi menangani Die Mannschaft setelah gelaran putaran final Euro 2020, Juni-Juli mendatang. 

Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) mengikat pelatih berusia 56 tahun itu dengan kontrak tiga tahun hingga 2024. Kontrak Flick sebagai pelatih timnas Jerman akan terhitung secara resmi pada 1 Juli. 

Baca Juga

Sebelumnya, meski masih menyisakan kontrak hingga 2022, Loew mencapai kata sepakat dengan DFB untuk mengakhiri kiprahnya sebagai pelatih timnas Jerman. "Flick akan mengambil alih posisi pelatih timnas Jerman. Flick telah menandatangi kontrak berdurasi hingga 2024. Penandatangan kontrak ini dilakukan di kantor pusat DFB di Frankfurt,'' tulis pernyataan resmi DFB via laman resmi, Selasa (25/5). 

Ini bukanlah pertama kalinya Flick bekerja sama dengan DFB. Flick sempat menjadi asisten Loew di timnas Jerman, tepatnya sejak 2006 hingga 2014. Puncaknya, keduanya berhasil mempersembahkan Piala Dunia 2014. Setelah kesuksesan di Piala Dunia 2014, Flick ditunjuk menjadi Direktur Olahraga DFB. Flick meninggalkan posisi tersebut pada 2017. Mantan penggawa Bayern Muenchen itu akhirnya hijrah ke TSG Hoffenheim sebagai direktur olahraga sebelum akhirnya dipercaya menangani tim utama Bayern Muenchen pada 2019. 

Selama menukangi Die Bayern, Flick sukses memboyong dua titel Bundesliga, satu trofi DFB Pokal, dan satu gelar juara Liga Champions ke Stadion Allianz Arena. Kesuksesan Flick bersama Muenchen ini membuat DFB tertarik memboyongnya sebagai pelatih timnas Die Mannschaft. 

"Dia menjadi pilihan utama kami sejak awal. Saya tahu, kualitas Flick, baik sebagai pelatih maupun individu. Selama menukangi Bayern, dia telah membuktikan kemampuannya sebagai pelatih kepala. Saya bangga bisa kembali bekerjasama dengannya dan membawa dia ke timnas," tutur Direktur Timnas Jerman Olivier Bierhoff.

Flick mengakui, proses negosiasi dan tawaran untuk menukangi timnas Jerman berlangsung dengan sangat cepat. Terlebih, kompetisi musim ini baru saja berakhir. Flick pun optimis, dengan kombinasi pemain-pemain senior, ditambah kemunculan pemain-pemain muda, Die Mannschaft bisa kembali bersaing di panggung sepak bola internasional. 

Flick juga mengungkapkan dukungannya terhadap Loew untuk bisa membawa timnas Jerman tampil apik di putaran final Euro 2020. "Saya sudah tidak sabar mengimplementasikan sejumlah ide saya di tim nasional dan akademi. Namun, apa yang penting saat ini adalah turnamen berikutnya, Euro 2020. Saya berharap, Loew bisa mengakhiri kiprahnya di kursi pelatih timnas Jerman dengan catatan apik," ujar Flick seperti dilansir laman resmi DFB. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement