Cara Muslim Brasil Rayakan Ramadhan Meski Covid-19 Tinggi

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 06 May 2021 12:55 WIB

Cara Muslim Brasil Rayakan Ramadhan Meski Covid-19 Tinggi. Karyawan masjid tertua di Amerika Latin melayani makanan bagi para pengungsi muslim  berbuka puasa  hari pertama bulan suci Ramadhan, di Sao Paulo, Brasil. Foto:

Muslim Brasil juga mengalami pembatasan beribadah di masjid.

“Paket makanan didistribusikan sambil mengambil menerapkan prosedur kesehatan untuk melindungi penerima dan relawan,” ujar dia. ICP tidak hanya memberikan bantuan bagi sesama Muslim, tapi non-Muslim yang membutuhkan.

Ramadhan tidak hanya soal puasa. Jika waktu normal, ceramah dan acara spiritual lain biasanya diadakan. Menurut Hammadeh, ada cara lain, yakni tetap berhubungan melalui daring agar umat tidak ketinggalan aspek penting dari bulan suci ini.

“Kami tetap berhubungan dengan orang-orang yang kami cintai melalui media sosial, aplikasi, dan telepon. Mereka yang tidak dapat mengambil bagian dalam sesi Zoom langsung kami dapat menyusul nanti di saluran Youtube kami sehingga mereka tidak merasa terputus dari komunitas,” ucap dia.

Terlepas dari pembatasan yang diberlakukan karena pandemi virus korona, umat Islam di Brasil melakukan segala upaya untuk menjaga suasana Ramadhan dengan cara yang berbeda dari biasanya. Anggota masyarakat yang membutuhkan dan tetangga non-Muslim dibantu dengan makanan dan kebutuhan lainnya oleh ICP dan organisasi lain dalam upaya untuk mengatasi krisis di tengah pandemi.

Bantuan sosial ini bagi Hammadeh dan tim Cinco Pilares Institution for Humanitarian Aid tetap terus berlanjut walaupun Ramadhan berakhir. Dukungan diberikan kepada mereka yang membutuhkannya pada Idul Fitri di akhir Ramadhan serta sepanjang tahun.

“Kami sedang mempersiapkan bingkisan lebaran untuk keluarga dan anak-anak. Kami berusaha keras untuk membawa kebahagiaan di hati Muslim dan non-Muslim,” kata dia.

https://www.middleeastmonitor.com/20210505-life-goes-on-during-ramadan-despite-covid-restrictions-in-brazil/

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X