Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Kunyit untuk Kesehatan dan Putihkan Gigi

Senin 15 Feb 2021 19:25 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Kunyit bisa menjadi alternatif alami untuk kesehatan gigi dan mulut.

Kunyit bisa menjadi alternatif alami untuk kesehatan gigi dan mulut.

Foto: Flickr
Kunyit bisa menjadi alternatif alami untuk kesehatan gigi dan mulut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunyit sudah populer sebagai bahan rempah dalam makanan tradisional maupun manfaatnya yang juga menyehatkan. Tetapi tahukah jika kunyit juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan sekaligus memutihkan gigi?

Kesehatan mulut memang cukup rumit, dan banyak pemutih gigi komersial yang bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan mulut. Hal itu meningkatkan risiko seperti penyakit gusi, radang gusi, enamel dan kerusakan gigi.

Sementara itu, kunyit bisa menjadi alternatif alami untuk bahan kimia berbahaya yang dapat bermanfaat bagi kesehatan mulut. Kunyit tidak hanya akan membuat gigi lebih putih, tetapi juga dapat membantu menangkal penyakit gusi dan mengurangi peradangan pada gusi maupun mulut.

Beberapa penelitian, dilansir laman Womansworld, Senin (15/2), menunjukkan bahwa proses itu bisa jadi karena bahan aktif utama dalam kunyit yaitu kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dapat melindungi dari penyakit gusi dan radang gusi, sekaligus mengurangi penumpukan plak dan bakteri pada gigi dan di sepanjang garis gusi.

Studi lain menunjukkan bahwa itu bahkan mungkin menjadi solusi alami yang bagus untuk sakit mulut dan terkait dengan kondisi seperti periodontitis serta kanker mulut.  Dengan menggunakan kunyit, tidak hanya akan memberikan warna putih mutiara yang berkilau, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Untuk menggunakan kunyit sebagai pemutih gigi dengan aman, maka harus memastikan penggunaannya tidak berlebihan. Kunyit dapat digunakan selama beberapa hari, dan tidak boleh mengulanginya lebih dari sekali setiap hari karena dapat menyebabkan kerusakan pada enamel.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA