Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Muslim Council Britain Angkat Sekjen Perempuan Pertama

Senin 01 Feb 2021 07:57 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil

Muslim Council Britain Angkat Sekjen Perempuan Pertama. Foto: Ilustrasi Muslimah

Muslim Council Britain Angkat Sekjen Perempuan Pertama. Foto: Ilustrasi Muslimah

Foto: Pixabay
Sekjen perempuan pertama diangkat Muslim Council Britain.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON—Muslim Council Britain (MCB), organisasi Muslim terbesar yang menaungi masjid, sekolah Islam dan asosiasi Muslim telah menetapkan Zara Mohammed sebagai sekertaris jendral baru mereka setelah mengantongi suara terbanyak. Dia berhasil mengalahkan Ajmal Masroor, seorang imam, guru dan ulama dengan perbandingan suara 107-60.

Diangkatnya Zara membuatnya mendapatkan status sebagai wanita pertama yang masuk dalam jajaran pimpinan Muslim Council Inggris. Perempuan 29 tahun yang pernah menjabat sekertaris jendral MCB Skotlandia itu mengatakan sangat berterima kasih dan merasa terhormat atas amanah yang diberikan padanya.

Baca Juga

“Saya sangat berterima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan para delegasi dan MCB kepada saya untuk menjalankan peran ini ke depan," katanya yang dikutip di LBC, Senin (1/2).

Magister Hukum Hak Asasi Manusia dan konsultan pelatihan dan pengembangan itu berharap kepemimpinannya ini dapat menginspirasi dan memberi perempuan muda kepercayaan diri untuk mengambil kesempatan.

"Menjadi seorang wanita muda adalah representasi yang cukup baik dari kepemimpinan masa depan yang perlu kita lihat sekarang,” ujarnya.

"Saya pikir wanita terkadang ragu untuk mengambil peran kepemimpinan meskipun mereka lebih dari memenuhi syarat untuk melakukannya. Sangat penting untuk melibatkan kaum muda, melibatkan lebih banyak wanita dan mendiversifikasi organisasi dan pekerjaan yang kami lakukan,” sambungnya.

Walikota London Sadiq Khan mengucapkan selamat kepada pimpinan baru MCB itu dan mengatakan kemenangannya adalah berita "luar biasa" bagi dewan. Zara berjanji untuk membantu mengembangkan solusi praktis untuk pandemi virus corona sebagai bagian dari manifestonya.

"Kami ingin menantang informasi yang salah dan kami ingin terus mempromosikan bimbingan, sosialisasi kejelasan dan meyakinkan masyarakat sebagai bagian dari upaya persatuan dan nasional. Jadi, secara pasti mempromosikan vaksin, mendorong komunitas kami untuk mengikuti panduan dan tetap aman. Jadi itu pasti akan menjadi yang terdepan dalam pekerjaan yang terus kami lakukan,” ujarnya menjelaskan.

Selain mendorong vaksinasi dan mengupayakan penerapan protokol kesehatan, Zara juga mengatakan akan fokus pada persoalan Islamophobia yang tergolong dalam masalah yang ‘menyebar luas’  dan perlu di tentang penyebarannya. Dia juga mengatakan ingin melihat bagaimana kehidupan komunitas etnis minoritas di tengah pandemi Covid-19.

Sebelum menjabat sebagai pimpinan MCB, Zara sempat menggantikan posisi Harun Khan sebagai sekertaris jendral MCB, saat itu diangkat sebagai kepala organisasi.  "Saya berharap yang terbaik dari kesuksesan untuk Zara Mohammed, semoga dia terus memimpin organisasi ini ke tingkat yang lebih tinggi untuk kemajuan komunitas kita di seluruh negeri,” ujar Khan.

Anggota parlemen dari Partai Buruh Yasmin Qureshi mengatakan bahwa dia senang melihat MCB memilih sekretaris jenderal perempuan pertamanya, sementara rekannya Wes Streeting juga mengucapkan selamat. Afzal Khan MP mencap kontribusi dan jasa Zara Mohammad kepada komunitas sangatlah menginspirasi. Zarah Sultana MP juga memberikan selamat untuk Zara lewat Twitter pribadinya.

Sumber:

Britain elects first-ever female secretary general" href=" https://www.lbc.co.uk/news/muslim-council-britain-elects-first-female-secretary-general-zara-mohammed/ " target="_blank"> https://www.lbc.co.uk/news/muslim-council-britain-elects-first-female-secretary-general-zara-mohammed/

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA