Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Ketua MPR: Jadilah Pancasilais

Sabtu 18 Jun 2016 20:21 WIB

Red: Angga Indrawan

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

Foto: Dok: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli menyerukan segenap warga untuk menjadi manusia pancasilais. Imbauan itu disampaikan Zulkifli saat sosialisasi empat pilar di Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (18/6)

"Individu pancasilais adalah individu yang disinari oleh cahaya ilahi," kata Zulkifli.

Sosialisasi empat pilar di Bandung Barat digelar di dua tempat. Pada siang hari, sosialisasi dilaksanakan di Aula Kecamatan Cihampelas dan dihadiri ratusan penduduk. Sedangkan pada sore harinya digelar di Pondok Pesantren Al Bidayah, Cangkorah dan dihadiri oleh ratusan santri dan masyarakat setempat. Zulkifli juga melaksanakan sholat maghrin dan buka puasa di pondok pesantren tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli mengatakan manusia yang disinari oleh cahaya illahi akan memanusiakan kemanusiaan yang berkeadilan sosial. "Bila bicara tidak memaki-maki orang, tidak menyebarkan kebencian, tingkah lakunya membuat kedamaian bukan mengadu domba. Melahirkan persatuan, kalau ada perbedaan musyawarah mufakat," katanya.

Perilaku yang disinari cahaya illahi, menurut Zulkifli, memiliki perasaan peduli terhadap sesama, sehingga menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Zulkifli mencontohkan, individu pancasilais adalah mereka yang mau menolong tetangganya. "Kalau tetangganya tidak punya beras untuk dimasak karena tidak punya uang ya dibantu, diberikan beras, kalau lapar di beri makanan. Bukan malah mengejek," katanya.

Sementara itu, Ketua MPR Zulkifli Hasan sebelumnya melaksanakan sosialisasi empat pilar di Kota Bandung. Usai dari Kabupaten Bandung Barat, Zulkifli diagendakan akan melakukan sosialisasi empat pilar di Cianjur dan Bogor.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler