Thursday, 23 Syawwal 1445 / 02 May 2024

Thursday, 23 Syawwal 1445 / 02 May 2024

Kesenjangan Sosial Jadi Masalah Utama Saat Ini

Sabtu 18 Jun 2016 09:04 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Kesenjangan akibat kapitalisme (ilustrasi)

Kesenjangan akibat kapitalisme (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menggelar acara silaturahmi dan buka puasa bersama Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), di kediaman Ketua MPR, Jalan Widyachandra, Jakarta, Jumat (17/6). Hadir dalam momen tersebut Ketua Umum ICMI Jimly Ashiddiqie dan para dewan pakar ICMI.

Zulkifli Hasan yang juga sebagai Ketua Dewan Pakar ICMI menyampaikan hal terkait bangsa ini salah satunya yang krusial adala soal kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial adalah momok dan tantangan bangsa sekarang ini dan ke depan.

"Tantangan bangsa ini yang dihadapi rakyat dan perlu perhatian serius bukan kanan atau kiri tapi kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin yang makin dalam. Prof Jimly kan menyebut bahwa demokrasi itu adalah sejalannya kebebasan, persamaan dan kemakmuran atau prosperity dan spiritulaity itu harus sama-sama jalan tidak bisa timpang," katanya.

Untuk itu, lanjut Zulkifli, untuk menghadapi tantangan bangsa seperti itu bangsa ini harus memiliki sistem pembangunan nasional yang baik, efektif, fokus, bisa diimplementasikan dan memiliki sifat kontinuitas yakni haluan negara.

"Dengan haluan negara pembangunan bangsa ini bisa fokus merata dan berkesinambungan. MPR saat ini sedang melakukan pengkajian mendalam soal hakuan negara di lembaga pengkajian MPR mudah-mudahan hasilnya baik demi rakyat dan bangsa," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler