Festival Ramadhan Putrajaya 2023 Digelar Satu Bulan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 10 Mar 2023 14:52 WIB

 Festival Ramadhan Putrajaya 2023 Digelar Satu Bulan. Foto:  Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin yang berlokasi di Kompleks Islam Putrajaya, Presint 3. Foto: https://www.ppj.gov.my/ Festival Ramadhan Putrajaya 2023 Digelar Satu Bulan. Foto: Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin yang berlokasi di Kompleks Islam Putrajaya, Presint 3.

REPUBLIKA.CO.ID,PUTRAJAYA -- Putrajaya Ramadan Festival 2023 (FRP2023) tahun ini akan berlangsung dalam skala lebih besar. Kegiatan yang digelar mulai 22 Maret hingga 21 April ini diharapkan mampu menarik 500.000 pengunjung.

Putrajaya Corporation (PPj) mengatakan FRP2023 mengambil tema “Seindah Ramadan, Harmoni Lebaran”. Acara tersebut melibatkan empat komponen utama, yakni Bazaar Ramadan, Anjung Syawal, Kiblat Walk dan Iftar Laman di Dataran Putrajaya Precinct 3, Kompleks Putrajaya Corporation dan lima Putrajaya bazar ramadhan.

Baca Juga

“FRP2023 bertujuan menjadikan Putrajaya sebagai one-stop center yang menjual makanan buka puasa dan kebutuhan, raya untuk memeriahkan semangat Ramadhan,” kata mereka dalam keterangan tertulis, dikutip di Bernama, Jumat (10/3/2023).

Untuk komponen Bazaar Ramadan, PPj menyebutkan lebih dari 500 kavling usaha tersedia di lima lokasi. Titik yang dimaksud adalah di sebelah Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin Presint 3, tempat parkir Taman Seri Empangan Presint 5, Tempat parkir Pasar Umum Presint 8, depan Depo PPj Presint 9 dan situs Presint 14 Night Market. FRP2023 akan dibuka dari jam 3 sore sampai jam 8 malam.

Di sisi lain, untuk agenda Anjung Syawal menawarkan lebih dari 200 kios, yang menjual barang-barang persiapan Raya, pertunjukan spiritual, serta penampilan selebriti lokal dan 'instafamous'. Kiblat Walk akan menampung kios-kios yang menjual makanan, minuman dan kudapan kering, serta pakaian dan biskuit Idul Fitri.

Pengunjung juga bisa mendapatkan makanan buka puasa di Laman Buka Puasa di Komplek PPj. Di lokasi tersebut terdapat 12 kios yang menjual aneka makanan buka puasa, mulai pukul 15.00 hingga tengah malam waktu setempat.

“Pengunjung dapat memilih untuk berbuka puasa dan menikmati santapan ‘moreh’ di Laman Iftar, dengan konsep kafe outdoor di Komplek PPj dan lapangan di depan Komplek PPj, yang juga menjadi lokasi ikonik untuk berbuka puasa bersama teman dan keluarga," ucap mereka.

PPj juga menyebut kegiatan FRP2023 ini diharapkan dapat memberikan peluang usaha bagi pedagang asongan dan pedagang kecil. Mereka ingin membantu pedagang untuk meningkatkan pendapatannya setelah pandemi Covid-19.

Tahun lalu, festival tersebut berhasil menarik lebih dari 500.000 pengunjung sepanjang Ramadhan 2022. Acara tersebut mencatat penjualan kotor sebesar 3 juta ringgit Malaysia atau Rp 10,2 miliar.  

Sumber:

https://www.bernama.com/en/general/news.php?id=2171600