Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Keangkuhan Cristiano Ronaldo Kembali Makan Korban, Pecat Agennya Sendiri karena Hal Ini

Rabu 25 Jan 2023 12:32 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Agen Jorge Mendes dan Cristiano Ronaldo. Mendes resmi dipecat Ronaldo setelah dua dekade lebih

Agen Jorge Mendes dan Cristiano Ronaldo. Mendes resmi dipecat Ronaldo setelah dua dekade lebih

Foto: Eurosport
Padahal, agennya tersebutlah yang membawa Ronaldo ke gerbang kejayaan.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Cristiano Ronaldo akhirnya hijrah ke klub asal Arab Saudi, Al Nassr, pada akhir tahun lalu. Namun, tidak seperti kepindahan Ronaldo di klub-klub sebelumnya, kepindahan pengoleksi lima gelar Ballon d'Or ke Al Nassr tersebut bukanlah hasil kerja Jorge Mendes, yang selama ini dikenal sebagai agen mantan bintang Manchester United tersebut.

Salah satu agen pesepak bola terkemuka di pentas sepak bola Eropa itu bahkan tidak mendapatkan bayaran sepeser pun dari kepindahan Ronaldo ke Al Nassr. Padahal, dengan durasi kontrak selama dua setengah tahun, Ronaldo disebut-sebut akan menerima bayaran hingga mencapai 200 juta euro per musim dari Al Nassr.

Baca Juga

Sebelum akhirnya menerima pinangan Al Nassr, Ronaldo ternyata diketahui sudah memutus hubungan kerja sama dengan Mendes. Berdasarkan lansiran harian asal Spanyol, El Mundo, keretakan hubungan antara Ronaldo dan Mendes sebenarnya sudah terjadi pada pertengahan tahun lalu atau awal musim ini.

Saat itu, Ronaldo meminta Mendes untuk mencarikan klub baru buat dirinya. Meski baru melakoni kesempatan kedua membela Manchester United selama satu musim, Ronaldo dilaporkan sudah tidak kerasan. Terlebih, Setan Merah tidak dipastikan tampil di pentas Liga Champions pada musim 2022/2023.

Tidak hanya itu, Ronaldo pun mendesak Mendes untuk bisa membuatnya hijrah ke Chelsea atau Bayern Muenchen. Apabila gagal memenuhi permintaan tersebut, mantan bintang Juventus itu mengancam bakal mengakhiri kerja sama dengan Mendes, yang sudah terjalin sejak Ronaldo mengawali karier di Sporting Lisbon.

''Entah Anda bisa membuat saya bergabung dengan Chelsea atau Bayern Muenchen, jika tidak, hubungan kerja sama kita selesai,'' ujar Ronaldo kepada Mendes dalam laporan El Mundo tersebut, Kamis (25/1/2023).

Mendes ternyata gagal memenuhi permintaan kliennya tersebut. Berbagai upaya Mendes untuk bisa membujuk sejumlah klub top Eropa agar bisa menampung Ronaldo terus menemui kegagalan. Bahkan, tidak hanya Chelsea dan Bayern Muenchen, Mendes juga dilaporkan sempat menawarkan Ronaldo kepada Atletico Madrid dan Borussia Dortmund.

Kegagalan Mendes mencari klub baru buat Ronaldo akhirnya berujung pada pemutusan kerja samanya dengan bintang asal Portugal tersebut. Ronaldo akhirnya tetap bertahan di United sebelum akhirnya memutuskan mengakhiri kontraknya bersama Setan Merah pada November silam.

Pada saat bersamaan, pinangan dari Al Nassr pun datang. Tawaran itu diungkapkan oleh salah satu teman dekat pemain berusia 37 tahun, Ricardo Refuge. Ronaldo akhirnya menerima tawaran tersebut dan Refuge menjadi arsitek utama kepindahan Ronaldo ke klub yang berbasis di Riyadh tersebut. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA