Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Xavi Ungkap Pelatih Ini Sebagai Sosok Panutan, Ternyata Bukan Guardiola

Rabu 25 Jan 2023 12:14 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pelatih kepala Real Sociedad Imanol Alguacil. Xavi sangat mengidolakan Alguacil.

Pelatih kepala Real Sociedad Imanol Alguacil. Xavi sangat mengidolakan Alguacil.

Foto: EPA-EFE/JUANJO MARTIN
Xavi kagum dengan pola strategi yang diterapkan pelatih 51 tahun tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, mengaku begitu terkesan dengan kemampuan pelatih Real Sociedad, Imanol Alguacil, dalam meramu taktik dan strategi permainan. Xavi bahkan tidak ragu menyebut Alguacil sebagai salah satu sosok panutannya dalam kiprah sebagai pelatih.

Dua pelatih ini akan saling berhadapan saat Barcelona menerima lawatan Real Sociedad pada babak perempat final Copa del Rey, Kamis (26/1/2023) dini hari WIB. Tidak hanya soal pertaruhan satu tiket ke babak semifinal, laga di Stadion Camp Nou ini juga bakal mempertemuan dua tim tengah berada dalam kondisi terbaik.

Baca Juga

Barcelona menorehkan rekor tidak terkalahkan dalam 12 laga terakhir di semua ajang, termasuk kemenangan beruntun di enam laga terakhir. Di sisi lain, La Real, julukan Real Sociedad, mengemas nirkekalahan dalam 10 laga terakhir di semua ajang, termasuk kemenangan beruntun di sembilan laga terakhir.

Torehan impresif Sociedad ini dianggap tidak terlepas dari sentuhan Alguacil. Xavi pun memperkirakan, laga kontra Sociedad akan berjalan sangat sulit. ''Itu akan menjadi laga yang besar dan sulit. Dua tim datang dalam tren positif performa. Real Sociedad adalah tim yang luar biasa dan dipersiapkan dengan begitu matang oleh Alguacil,'' kata Xavi seperti dilansir Sport, Rabu (25/1/2023).

Secara khusus, mantan kapten dan gelandang Barcelona itu mengungkapkan peran Alguacil dalam kiprahnya sebagai pelatih. Xavi secara terbuka mengakui pelatih berusia 51 tahun itu sebagai salah satu panutannya di dunia kepelatihan. Xavi begitu terkesan dengan gaya permainan yang diusung Alguacil selama menukangi tim asal Basque tersebut.

''Strategi yang dia terapkan begitu luar biasa. Dia adalah pelatih yang sudah teruji, yang sudah mempersembahkan sejumlah titel buat Sociedad. Buat saya, dia adalah contoh dan panutan dalam melakoni pekerjaan ini. Banyak hal yang saya suka dari permainan Sociedad. Mereka adalah tim hebat dan sebagian besar hal tersebut tidak lepas dari pengaruh Imanol,'' tutur eks pelatih Al Sadd tersebut.

Alguacil memang memulai karier sebagai pelatih di Real Sociedad. Sempat menjadi pelatih tim junior Real Sociedad dan tim cadangan La Real, Alguacil akhirnya dipercaya menukangi tim utama Sociedad pada 2018 silam. Torehan titel Copa del Rey pada akhir musim 2019/2020 mampu dipersembahkan Alguacil.

Di bawah kendali Alguacil, Sociedad dikenal sebagai tim yang ofensif dan berusaha mengendalikan permainan via penguasaan bola. La Real cenderung berani tampil terbuka dan tidak ragu untuk bersaing dengan klub-klub yang dinilai jauh lebih besar. 

Selama tiga musim ditukangi Alguacil, pencapaian Sociedad tidak terlalu buruk. Di pentas La Liga, La Real selalu mampu finis di enam besar. Bahkan, pada musim ini, Sociedad berhasil menempati posisi ketiga klasemen semenetara La Liga. Hingga La Liga telah menuntaskan jornada ke-18, La Real unggul tujuh poin dari Atletico Madrid, yang berada di peringkat keempat, dan hanya terpaut empat poin dari Real Madrid, yang duduk di posisi kedua.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA