Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

LSI: AHY Cawapres Potensial Menangkan Anies Baswedan

Selasa 29 Nov 2022 21:13 WIB

Red: Ilham Tirta

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Foto: dok. Republik Gobar
Capres dan cawapres dengan elektabilitas tertinggi bisa memenangkan pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Survei Independen (LSI) merilis hasil survei terbaru yang menempatkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang paling berpotensi memenangkan capres Anies Baswedan pada Pemilu 2024. Ketua Umum Partai Demokrat itu mendapatkan 26,4 persen pada survei elektabilitas sebagai cawapres.

"Dan di posisi kedua ditempati oleh Puan Maharani dengan 16,2 persen elektabilitas calon wakil Presiden," kata Direktur Riset LSI, Fathur Rahman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga

Dia menegaskan, berdasarkan survei, sosok AHY menjadi pasangan Anies yang dapat mendorong kemenangan pada pilpres 2024. AHY berptensi membawa kemenangan pada capres yang juga memiliki elektabilitas tertinggi.

"Saat ini, pada survei elektabilitas Anies Baswedan memperoleh hasil survei tertinggi dengan elektabilitas 19,6 persen, disusul oleh Prabowo Subianto di posisi kedua dengan 18,1 persen dan pada posisi ketiga ditempati oleh Ganjar Pranowo 13,2 persen," kata dia.

Survei itu mengambil populasi warga Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum pada 34 provinsi di Indonesia. Dari populasi itu, dipilih secara acak sebanyak 1.500 responden dengan margin of error 3,05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Dalam survei itu, LSI melakukan metode wawancara melalui jaringan selular pada 18 hingga 28 November 2022.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA