Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Politikus PDIP Maruarar Sirait: Erick Thohir Pemimpin yang Dibutuhkan Indonesia

Selasa 29 Nov 2022 20:13 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Menteri BUMN Erick Thohir. Politikus PDIP Maruarar Sirait menilai Erick Thohir adalah sosok pemimpin yang dibutuhkan Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir. Politikus PDIP Maruarar Sirait menilai Erick Thohir adalah sosok pemimpin yang dibutuhkan Indonesia.

Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Erick dinilai dibutuhkan Indonesia untuk membenahi mental berani mendukung kebenaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PDIP, Maruarar Sirait menilai Menteri BUMN Erick Thohir sosok pemimpin yang dibutuhkan Indonesia saat ini. Erick Thohir sosok yang berani mengakui secara ‘gentle’ dan mengedepankan integritas.

Hal itu menurut Maruarar terbuki selama memegang BUMN Erick Thohir berhasil menuntaskan berbagai problem menahun yang tak kunjung tuntas. Erick Thohir dinilai Maruarar dibutuhkan Indonesia untuk bisa membenahi mental berani mendukung kebenaran.

“Ini yang pemimpin yang kita butuhkan, yang berani, benar itu benar, salah itu salah, termasuk di dalam dirinya sendiri,” kata Maruarar Sirait saat talk show di Universitas Pelita Harapan (UPH) Karawaci Tangerang, Selasa (29/11/2022).

Di era Erick Thohir, BUMN berani terbuka untuk menuntaskan kasus-kasus korupsi yang lama bersarang dan merugikan. Eks Presiden Inter Milan tersebut dinilai sosok punya tekad kuat untuk membuktikan BUMN mampu transparan dan bersih tidak jadi sapi perah politik.

“Dua kasus, Asabri dan Jiwasraya itu dua kasus yang luar biasa. kenapa? jumlahnya besar, yang dirugikan banyak dan sudah lama begitu begitu aja. Tetapi di Jaman Pak Erick itu bisa dituntaskan. Tepuk tangan untuk integritas dan pemberantasan korupsi yang bukan hanya retorika,” ungkap Ara.

Diketahui, mega skandal korupsi PT. Asuransi Jiwasraya  dan PT Asabri begitu menjadi sorotan publik. Adapun kerugian negara imbas Jiwasraya mencapai RP 16.81 triliun dan Asabri mencapai Rp 22,78 triliun.

Erick Thohir juga merupakan sosok yang berani melakukan inovasi. BUMN era Erick Thohir berhasil menyumbang dividen besar untuk negara.

Dengan berbagai keberhasilan itu, Erick Thohir juga berhasil meningkatkan laba Kementerian BUMN dari Rp 13 triliun di tahun 2020 menjadi Rp 124 triliun pada 2021. Karena itu, Maruarar menilai Eks Presiden Inter Milan tersebut berkompeten menjadi pemimpin Indonesia ke depan.

"Pak Erick Thohir kerjanya bagus, berintegritas bahkan kerjanya mencapai target ketika di saat sulit. Itu yang luar biasa, karena itu beliau mampu untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA