Ahad 23 Oct 2022 13:47 WIB

Venue Piala Dunia Qatar 2022: Stadion 974

Stadion 974 merupakan satu-satunya venue Piala Dunia 2022 yang berada di tepi laut.

Stadion 974, salah satu venue Piala Dunia Qatar 2022.
Foto: EPA-EFE/NOUSHAD THEKKAYIL
Stadion 974, salah satu venue Piala Dunia Qatar 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, Stadion 974 merupakan satu-satunya venue Piala Dunia 2022 yang berada di tepi laut dengan pemandangan cakrawala Doha yang spektakuler. Stadion ini dibangun menggunakan kontainer pengiriman bersertifikat standar dan elemen baja modular, merefleksikan pelabuhan terdekat dan sejarah industri tempat itu. 

Konsep ini menghasilkan tampilan stadion yang khas, penuh warna, dan modern. Desain stadion ini dirancang oleh Arsitek Fenwick Iribarren.

Baca Juga

Seperti dikutip dari laman FIFA+, stadion ini mengusung konsep desain modular cedera, yakni terdiri dari beberapa modul terpisah yang dapat dibongkar pasang serta dikonfigurasi. Ini membuat lebih sedikit material bangunan yang dibutuhkan dibandingkan pengembangan stadion tradisional, sehingga membantu menekan biaya konstruksi.

Ini termasuk fleksibilitas dalam desain untuk membangun kembali stadion dengan kapasitas yang sama di lokasi yang berbeda, atau membangun beberapa venue yang lebih kecil menggunakan material serupa. Jika dianalogikan, stadion ini dirancang seperti mainan anak Lego yang bisa dibongkar pasang dan dibangun kembali lewat material yang sama.

Stadion ini menerima peringkat bintang 5 dari Global Sustainability Assessment System (GSAS) untuk desain dan konstruksinya.

Tempat duduk mangkuk stadion menghindari kebutuhan akan AC karena dirancang untuk berventilasi alami. Keseluruhan struktur baja stadion dapat didaur ulang dan digunakan kembali pasca-turnamen. Metode efisiensi air stadion memastikan penggunaan air berkurang sebesar 40 persen dibandingkan dengan pembangunan stadion konvensional.

photo
Stadion 974, salah satu venue Piala Dunia Qatar 2022. - (EPA-EFE/NOUSHAD THEKKAYIL)

Cara mengakses stadion

Fans dapat mengakses arena ini dengan menggunakan Doha Metro. Stasiun Ras Bu Abboud (Gold Line) terletak 800 m dari stadion. Stadion juga dekat dengan Doha Corniche dan dapat dicapai melalui trotoar pejalan kaki yang baru dikembangkan.

Pertandingan pembuka

Stadion dengan kapasitas turnamen 40 ribu ini diresmikan saat peluncuran digital pada November 2021. Stadion ini menggelar pertandingan pertamanya dalam pembukaan Piala Arab 2021 ketika Uni Emirat Arab bermain melawan Suriah pada 30 November 2021.

Pertandingan Piala Dunia di Stadion 974

Stadion 974 akan menjadi tuan rumah tujuh pertandingan sepanjang Piala Dunia FIFA, dengan enam pertandingan fase grup dan satu pertandingan babak gugur 16 Besar.

22 November 

Grup C: Meksiko v Polandia (23.00 WIB) 

24 November 

Grup H: Portugal v Ghana (23.00 WIB) 

26 November 

Grup D: Prancis v Denmark (23.00 WIB) 

28 November 

Grup G: Brasil v Swiss (23.00 WIB) 

1 Desember

Grup H: Polandia v Argentina (02.00 WIB) 

2 Desember 

Grup G: Serbia v Swiss (02.00 WIB) 

6 Desember 

Babak 16 Besar: 1G v 2H (02.00 WIB)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement