Jumat 21 Oct 2022 23:21 WIB

Pelatih Iran Carlos Queiroz, Juru Taktik Paling Berpengalaman di Piala Dunia Qatar

Carlos Queiroz diangkat kembali menjadi pelatih Iran pada 7 September lalu.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Carlos Queiroz, pelatih Iran di Piala Dunia 2022 Qatar
Foto: ap
Carlos Queiroz, pelatih Iran di Piala Dunia 2022 Qatar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Iran Carlos Queiroz akan menjadi salah satu juru taktik paling berpengalaman di Piala Dunia 2022 Qatar. Pelatih asal Portugal berusia 69 tahun itu akan memimpin Iran ke Piala Dunia ketiga mereka di bawah kepemimpinannya. 

Dia bertanggung jawab pada 2014 dan 2018 di mana Iran tersingkir di babak penyisihan grup dua kali. Dikutip dari 90min, Jumat (21/10/2022), Queiroz memiliki salah satu karier manajerial paling beragam dari siapa pun yang akan berangkat ke Qatar dan telah membawanya ke Piala Dunia edisi 2022. 

Baca Juga

Queiroz memiliki dua periode berbeda yang bertanggung jawab atas tim nasional Iran dan kali ini, ia akan menghadapi Inggris bersama dengan Amerika Serikat dan Wales di Grup B. Periode pertamanya dengan Iran dimulai pada 2011 dan berlangsung hingga 2019. Itu periode terpanjang dari pelatih Iran mana pun dalam sejarah.

Sesuatu yang dipuji secara luas adalah menyambut lebih banyak pemain dari diaspora Iran ke dalam skuad. Ini berarti pemain dengan darah Iran dari negara-negara seperti Jerman, Belanda, dan Amerika Serikat dapat bermain untuk negara tersebut.

Pada Piala Dunia 2014 di Brasil, Iran memulai dengan bermain imbang 0-0 dengan Nigeria dan kemudian kalah 1-0 melawan Argentina berkat gol telat Lionel Messi. Kekalahan 3-1 melawan Bosnia dan Herzegovina yang kemudian membuat mereka tersingkir.

Setelah mencapai perempat final Piala Asia 2015, Queiroz bersiap untuk Piala Dunia 2018 di Rusia. Timnya sangat tidak beruntung dan tidak lolos ke babak 16 besar karena hasil imbang Spanyol melawan Maroko berarti hasil imbang 1-1 Iran dengan Portugal tidak cukup.

Itu, bersama dengan kekalahan semifinal di Piala Asia 2019, membuat Queiroz punya satu poin untuk dibuktikan di Piala Dunia 2022. Dia kemudian diangkat kembali sebagai pelatih Iran pada September 2022 setelah melatih Kolombia dan Mesir.

Di Eropa, Queiroz kemungkinan besar dikenal karena perannya sebagai asisten manajer Sir Alex Ferguson di Manchester United, serta menjadi pelatih kepala Real Madrid. Periode pertamanya di United hanya bertahan satu musim karena ia dengan cepat diburu oleh Real Madrid. Mengingat dia memiliki kesempatan untuk bekerja dengan Zinedine Zidane, Ronaldo dan Luis Figo, Queiroz dapat dengan mudah mengambil kesempatan itu.

Meskipun menjalani awal yang baik, musim 2003/04 berakhir buruk untuk Los Blancos dan Queiroz dibebaskan dari tugasnya. Standar United telah tergelincir saat dia pergi, dan mereka menyambutnya kembali pada musim berikutnya.

Dia memenangkan dua gelar Liga Primer dan Liga Champions sebagai asisten Ferguson, menunjukkan betapa efektifnya dia dalam perannya. Namun pada 2008, tim nasional Portugal datang meminangnya yang tidak bisa ditolak. Hanya bertahan dua tahun di negaranya, Queiroz kemudian melatih Iran selama delapan tahun, Kolombia dua tahun, Mesir setahun, dan kembali lagi ke Iran jelang Piala Dunia 2022.

Gaji Queiroz di Iran saat ini tidak jelas, tetapi di Piala Dunia 2014, ia pelatih dengan bayaran tertinggi ke-13 dengan gaji tahunan 2.098.060 dolar AS. Di Piala Dunia 2018, dia pelatih dengan bayaran tertinggi ketujuh dengan menerima 1,9 juta dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement