Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Dekranasda Se-Jabar Diminta Lahirkan Inovasi Produk Ekraf Unggulan

Jumat 23 Sep 2022 00:53 WIB

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad

Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil meminta Dekranasda dari 27 Kabupaten/ Kota melahirkan inovasi produk ekonomi kreatif unggulan yang memiliki daya tawar tinggi.

Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil meminta Dekranasda dari 27 Kabupaten/ Kota melahirkan inovasi produk ekonomi kreatif unggulan yang memiliki daya tawar tinggi.

Foto: istimewa
Momen seperti ini penting sekali untuk mendapatkan inspirasi dan saling menginspirasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil meminta Dekranasda dari 27 Kabupaten/ Kota melahirkan inovasi produk ekonomi kreatif unggulan yang memiliki daya tawar tinggi.  "Rakerda hari ini saya ingin 27 Kabupaten/ Kota di Jabar menunjukan inovasi baru. Saya kira perlu untuk mendobrak dari apa yang telah kita lakukan bagi Nasional," ujar Atalia, Rabu petang (22/9/2022).

Atalia berharap, melalui rakerda yang mengusung tema Sinergitas Program Dekranasda Se-Jawa Barat Dalam Pengembangan Produk Kriya Berkualitas ini bisa saling berbagi inspirasi satu sama lain terkait produk ekonomi kreatif. 

Baca Juga

"Di momen seperti ini penting sekali untuk mendapatkan inspirasi dan saling menginspirasi satu sama lain. Inspirasi bisa datang dari teman sekitar untuk bisa berkembang bersama dan melestarikan kekayaan alam bersama," papar Atalia. 

Atalia juga meminta peran Dekranasda di 27 Kabupaten/ Kota maksimal. Hal itu guna mewujudkan sebuah karya yang mempunyai nilai jual dengan ciri khas unik yang tidak dimiliki daerah lain. Salah satunya bisa diterapkan pada pola batik yang bisa merepresentasikan suatu wilayah.  

"Saya mendorong sebuah karya batik dengan pola tertentu, sehingga orang bisa mengingat hal tersebut. Maka jangan terlalu banyak pola. Satu saja, tapi bisa menjadi ciri khas dari Kabupaten/ Kota," kata Atalia. 

Menurutnya, sebuah karya akan dilirik masyarakat apabila memiliki keunikan. Oleh karena itu, Atalia mewajibkan seluruh Dekranasda di Jabar untuk mempromosikan karya di tiap daerahnya.    "Ciri khas itu memang betul harus diangkat," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA