Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Chicharito Sarankan MU Lepaskan Bayang-Bayang Ferguson

Rabu 10 Aug 2022 08:00 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah

Javier Hernandez saat masih membela Manchester United,

Javier Hernandez saat masih membela Manchester United,

Foto: REUTERS/Vincent West
Sir Alex Ferguson masih berada di lingkungan MU walaupun sudah pensiun.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Sejumlah pihak mengomentari situasi Manchester United (MU). Beberapa di antaranya para mantan pemain MU. Tak terkecuali Javier "Chicharito" Hernadez. 

Penyerang yang kini membela LA Galaxy itu masih mengikuti sepak terjang eks klubnya. Ia menyaksikan kekalahan 1-2 MU dari Brighton and Hove Albion pada partai pembuka Liga Primer Inggris musim 2022/23.

Baca Juga

Hasil ini membuka mata pelatih anyar the Red Devils Erik ten Hag. Setelah pramusim yang positif, ia melihat kondisi mentalitas penggawa Setan Merah yang sebenarnya. Sang arsitek mengakui, ia memasuki tantangan besar untuk mengembalikan United ke jalur semestinya.

Hernandez mencoba memberikan solusi. Menurutnya, pihak klub harus melepaskan bayang-bayang Sir Alex Ferguson dengan baik. Kemudian, para pelatih berikutnya diberi kebebasan berekspresi.

Ferguson sudah berhenti menjadi arsitek MU sejak 2013 lalu. Sejak periode tersebut, the Red Deviks mengalami penurunan performa. Kenyataannya, ia masih berada di sekitar pasukan Old Trafford.

Hernandez mengakui tidak mudah menemukan pengganti sepadan juru taktik berkebangsaan Skotlandia itu. Seseorang yang bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dari para pemainnya. Selama 26 tahun Fergie mendampingi berbagai generasi di Setan Merah.

"Sulit menggantikan orang seperti itu. Ini seperti memenangkan lotre," kata pesepak bola 34 tahun, dikutip dari Manchester Evening News, Rabu (10/8/2022).

Ia menerangkan, semua kembali pada sikap klub. Segala sesuatu bisa terjadi. Termasuk membawa United ke jalur juara. 

Ia menghargai sejarah Ferguson di Old Trafford. Pada saat yang sama, Chicharito meminta MU menerima kenyataan bahwa sang pelatih legendaris sudah pensiun. Situasianya tak lagi sama.

"Jadi United harus beradapatasi dan membiarkan manajer berikutnya melakukan dengan caranya sendiri," tegas Chicharito.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA