Kamis 04 Aug 2022 17:35 WIB

Game Kucing Bawa Dampak Positif ke Dunia Nyata

tray menyajikan petualangan kucing memecahkan kode di sebuah kota.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Dalam gambar yang disediakan oleh Annapurna Interactive ini, terlihat video game
Foto: Annapurna Interactive via AP
Dalam gambar yang disediakan oleh Annapurna Interactive ini, terlihat video game

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pahlawan kucing virtual dari video gim baru berjudul "Stray" tidak hanya berputar di sepanjang pipa berkarat, melompati lumpur, dan memecahkan kode petunjuk di kota yang tampaknya ditinggalkan. Kucing oren yang berani juga membantu kucing di dunia nyata.

Bermain gim melalui siaran langsung untuk amal bukanlah hal baru, tetapi resonansi "Stray" yang cepat ditemukan dari pecinta kucing tidak biasa. Menurut pemilik hak cipta “Stray” Annapurna Interactive, “Stray” adalah gim keempat yang paling banyak ditonton dan disiarkan pada hari peluncurannya di Twitch.

Baca Juga

Sekitar 80 persen dari tim pengembangan gim ini adalah pemilik kucing dan pecinta kucing. Menurut pembuat gim tersebut, kucing liar oren di kehidupan nyata serta kucing peliharaan membantu menginspirasi gim tersebut.

photo
Dalam gambar yang disediakan oleh Annapurna Interactive ini, terlihat video game Stray, yang dikembangkan oleh BlueTwelve Studio dan dirilis pada 19 Juli 2022. Pahlawan kucing virtual dari sensasi permainan video baru Stray tidak hanya berputar di sepanjang pipa berkarat, melompati lumpur tak dikenal, dan memecahkan kode petunjuk di kota yang tampaknya ditinggalkan. - (Annapurna Interactive via AP)

"Saya tentu berharap bahwa mungkin beberapa orang akan terinspirasi untuk membantu hewan terlantar yang sebenarnya dalam kehidupan nyata, mengetahui bahwa memiliki hewan dan pendamping adalah tanggung jawab,” kata produser dari studio game BlueTwelve di Montpellier, di Prancis selatan Swann Martin-Raget.

Ketika Annapurna Interactive menjangkau Nebraska Humane Society untuk bermitra sebelum peluncuran game pada 19 Juli, mereka mengambil kesempatan itu. "Seluruh permainan dan seluruh budaya di sekitar permainan, ini semua tentang cinta kucing. Itu sangat cocok dengan tempat penampungan dan misi kami," ujar spesialis pemasaran Brendan Gepson.

Tempat penampungan mendapat empat salinan permainan untuk diberikan dan meminta sumbangan sebesar 5 dolar AS untuk dimasukkan ke dalam undian untuk memenangkan salah satu salinan itu. Dalam seminggu, menurut Gepson, mereka mengumpulkan 7.000 dolar AS dan sebagian besar dari 550 donor baru tempat penampungan itu, termasuk orang-orang yang menyumbang dari Jerman dan Malta. Perusahaan juga menyumbangkan 1.035 dolar AS ke tempat penampungan.

"Itu benar-benar saling menguntungkan. Mereka mendapatkan PR yang sangat bagus dari itu dan kami mendapatkan basis donor yang sama sekali baru darinya," kata Gepson.

Annapurna Interactive juga menyewa Meow Parlour kafe kucing dan agen adopsi New York, untuk akhir pekan, serta menyumbangkan 1.000 dolar AS. Pengunjung yang melakukan reservasi dapat membeli cinderamata bertema “Stray” dan bermain gim selama 20 menit sambil dikelilingi oleh kucing.

Direktur pemasaran Annapurna Interactive Jeff Legaspi mengatakan, peluncuran gim ini masuk akal untuk melakukan sesuatu yang berdampak positif. "Diharapkan membawa lebih banyak kesadaran untuk mengadopsi dan tidak membeli hewan peliharaan baru," katanya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement