Enam Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Buka Puasa

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 17 Apr 2022 05:35 WIB

Pelayan menyiapkan hidangan berbuka puasa di sentra kuliner nasi kapau, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, selasa (12/4/2022). Sentra kuliner nasi kapau menjadi salah satu alternatif destinasi kuliner untuk berbuka puasa bersama dengan sajian makanan khas Sumatera Barat. Enam Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Buka Puasa Foto: Republika/Thoudy Badai Pelayan menyiapkan hidangan berbuka puasa di sentra kuliner nasi kapau, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, selasa (12/4/2022). Sentra kuliner nasi kapau menjadi salah satu alternatif destinasi kuliner untuk berbuka puasa bersama dengan sajian makanan khas Sumatera Barat. Enam Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Buka Puasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bulan ini, umat Islam menahan diri dari makan, minum, merokok, dan hubungan seksual dari fajar hingga matahari terbenam, dengan harapan meningkatkan kesadaran mereka akan Tuhan. Puasa selama Ramadhan memiliki banyak manfaat kesehatan yang positif karena membantu membersihkan tubuh dari racun berbahaya.

 

Baca Juga

Namun, mengonsumsi makanan tidak sehat dan tidak seimbang selama Ramadhan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penurunan atau peningkatan berat badan yang berlebihan, serta mulas.

 

Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari Muslim selama Ramadhan, dilansir di The Cable Lifestyle.

Enam Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Buka Puasa

 

Saat sahur Anda sebaiknya menghindari:

 

1. Karbohidrat sederhana atau kompleks

 

Roti putih, nasi putih, dan kue kering, harus dihindari. Ini hanya bertahan tiga sampai empat jam di tubuh Anda. Makanan tersebut kekurangan nutrisi penting karena mereka telah kehilangan serat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda sepanjang hari.

 

2. Makanan asin

 

Hindari makanan yang asin saat sahur. Tubuh manusia mengatur berapa banyak natrium yang dikandungnya. Jika kadarnya terlalu tinggi, akan membuat Anda benar-benar haus saat berpuasa. Terlalu banyak natrium dalam tubuh telah terbukti terkait dengan batu ginjal, penyakit kardiovaskular, dan tekanan darah tinggi.

 

3. Minuman berkafein

 

Mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan espresso tidak baik saat hendak mengawali puasa. Konsumsi kafein yang berlebihan telah terbukti menyebabkan insomnia dan kegelisahan, ini bukan pilihan minuman yang baik selama sahur. Beberapa orang kehilangan kendali atas diri mereka sendiri saat makan buka puasa, sebagai akibat dari kelaparan berjam-jam, yang mungkin berdampak negatif pada kesehatan mereka.

 

Saat buka puasa Anda sebaiknya menghindari:

 

1. Minuman berkarbonasi

Saat berbuka puasa, sebaiknya hindari minuman olahan. Minuman bersoda begitu populer disebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan, dehidrasi, dan diare jika dikonsumsi saat berbuka puasa. Jadi, sebaiknya Anda minum cukup air putih atau jus segar untuk meredakan dahaga.

 

2. Makanan tinggi gula

 

Selama waktu ini, orang hanya ingin makan apa saja yang mereka pegang. Sementara itu, mengonsumsi kue, pastri, cokelat, atau manisan saat berbuka puasa dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara instan karena memiliki kalori yang lebih tinggi daripada nutrisi.

 

3. Makanan berminyak

 

Makanan berminyak dan gorengan harus benar-benar dihindari. Kurangi makanan yang digoreng karena menyebabkan gangguan pencernaan, mulas, dan penambahan berat badan, dan membuat Anda merasa kembung. Lebih baik ambil makanan yang dipanggang, dikukus, atau digoreng.

 

Puasa selama Ramadhan dapat meningkatkan kesehatan seseorang, jika dilakukan dengan benar. Jadi sangat disarankan untuk mengontrol diri selama Ramadhan untuk bisa mengonsumsi makanan sehat saat buka puasa dan sahur.

https://lifestyle.thecable.ng/six-foods-to-avoid-during-ramadan/