Infografis Lima Tips Menurunkan Berat Badan Saat Ramadhan

Red: Muhammad Hafil

Ahad 10 Apr 2022 06:00 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,

Lima Tips Menurunkan Berat Badan Saat Ramadhan

 

Kombinasi konsumsi dan kurangnya aktivitas fisik menyebabkan penambahan berat badan. Dengan perencanaan makan yang cermat, kontrol porsi dan pelatihan cerdas, Anda dapat menurunkan berat badan atau menambah otot selama bulan Ramadhan.  

Berikut cara menurunkan berat badan di bulan Ramadhan yaitu :

1. Batasi Lemak, Gula dan Garam

Alasan nomor satu untuk kenaikan berat badan adalah pilihan makanan yang tidak sehat karena sebagian besar makanan berbuka puasa kami terdiri dari makanan yang digoreng dan minuman manis.  Makanan ini tinggi garam, lemak trans, gula dan kalori yang semuanya dianggap tidak sehat dalam jumlah tinggi.

2. Tambahkan Protein ke Setiap Makanan

Makanan kaya protein seperti daging tanpa lemak, telur dan kacang-kacangan mengenyangkan dan rendah kalori.  Protein memiliki efek termal yang tinggi dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak

3. Makan Lebih Banyak Sayuran

Sayuran merupakan sumber serat, nutrisi, dan antioksidan yang baik.  Mereka rendah kalori dan dikemas dengan nutrisi yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan menurunkan kadar kolesterol.

Jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, memasukkan salad dalam buka puasa dan sahur adalah cara yang bagus untuk tetap sehat. 

4. Tetap Terhidrasi 

Pastikan untuk minum banyak air antara buka puasa dan sahur karena tetap terhidrasi sangat penting untuk menurunkan berat badan karena mencegah Anda makan berlebihan dan merasa lelah. Selain itu, ganti camilan manis dengan buah segar dan sayuran mentah.

5. Olahraga

Rutin olahraga dua hingga tiga jam setelah buka puasa atau satu jam sebelum sahur.

Sumber: Propakistani, Pengolah: Haura Hafizah/Hafil, Ilustrator:

Terpopuler