Selasa 05 Apr 2022 05:48 WIB

Deretan Fitur Pesan Suara yang Diperbarui WhatsApp

Pesan suara telah menjadi cara yang populer untuk berkomunikasi di WhatsApp.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Whatsapp
Foto: EPA/Ritchie B.Tongo
Whatsapp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – WhatsApp meluncurkan fitur baru yang membuat pesan suara atau voice note lebih mudah digunakan. Pesan suara telah menjadi cara yang populer untuk berkomunikasi karena memungkinkan keintiman panggilan suara biasa dengan kenyamanan teks.

Untuk membuat pengguna lebih nyaman dan mempermudah proses pengiriman pesan suara, WhatsApp telah menambahkan sejumlah perbaikan yang diperkirakan akan bergulir dalam beberapa pekan mendatang. Yang paling menarik dari fitur ini adalah out of chat playback.

Baca Juga

Saat ini jika Anda meninggalkan utas, pesan suara akan berhenti diputar. Dengan fungsi baru, Anda dapat beralih ke pesan lain dan menjawab teks tersebut. Masih tidak jelas apakah pesan suara akan tetap berfungsi jika Anda beralih ke aplikasi lain, tetapi itu akan lebih baik.

Saat merekam pesan suara, Anda harus melakukannya sekaligus dengan satu-satunya pilihan adalah mengirim atau menghapus saat Anda berhenti. Meskipun ini bukan masalah besar, WhatsApp menambahkan opsi untuk menjeda dan melanjutkan perekaman. Ini berarti Anda dapat berhenti dan kembali ke pesan dan mengirimkannya.

Visualisasi bentuk gelombang yang baru tampaknya tidak menambahkan lebih dari sekadar mampu memberi tahu bagian-bagian yang sangat keras dalam percakapan tetapi itu terlihat cukup bagus di layar. Visualisasi terbaru merupakan cara untuk mengetahui apakah Anda akan mendengarkan pesan yang tenang atau berteriak sebelum Anda membukanya.

Dilansir T3, Senin (4/4/2022), pembaruan lain yang tak kalah menarik adalah pratinjau draf. Ini memungkinkan Anda melihat pratinjau pesan suara sebelum dikirim sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda memahami pesan itu sebelum mengirimkannya.

Jika Anda perlu kembali ke pesan di tengah jalan, dengan fitur remember playback sekarang Anda dapat menjeda dan melanjutkan pesan suara, bahkan jika Anda keluar dari aplikasi. Pembaruan terakhir sangat cocok untuk pesan yang lebih panjang. Anda akan segera dapat memutar pesan suara yang diteruskan dengan kecepatan 1,5x atau 2x, untuk menyampaikannya lebih cepat. Meskipun ini sudah tersedia pada pesan biasa, pemutaran cepat pada pesan yang diteruskan juga akan tersedia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement