Senin 04 Apr 2022 08:10 WIB

Cara Menyimpan Obrolan WhatsApp di Google Drive

Cadagangan obrolan tidak terenkripsi secara default.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Whatsapp
Foto: Pixabay
Whatsapp

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer. WhatsApp mengklaim bahwa semua obrolannya dienkripsi end-to-end, yang berarti aplikasi obrolan diamankan baik dari sisi pengirim maupun  penerima.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda mencadangkan obrolan dengan aman sehingga Anda selalu dapat kembali ke percakapan yang tak terlupakan kapan pun Anda mau atau tidak kehilangannya, bahkan saat Anda mengganti perangkat.

Baca Juga

Dilansir dari India Today, Ahad (3/4/2022), siapa saja yang menggunakan WhatsApp dapat mencadangkan obrolan mereka di Google Drive. Pengguna iPhone dapat melakukan hal yang sama di iCloud dengan akun terdaftar mereka.

Namun, saat Anda mencadangkan obrolan di Drive atau iCloud, obrolan Anda tidak dienkripsi kecuali Anda membuat beberapa perubahan pada pengaturan Anda. WhatsApp membuat enkripsi dinonaktifkan secara default.

Saat Anda membuat cadangan terenkripsi end-to-end, obrolan Anda disimpan di cloud dan diamankan dengan kata sandi atau kunci enkripsi 64 digit. Anda dapat mengubah kata sandi ini kapan pun Anda mau, selama Anda memiliki akses ke kata sandi atau kunci Anda sebelumnya.

Perhatikan bahwa WhatsApp tidak mengizinkan Anda memulihkan cadangan jika Anda kehilangan obrolan WhatsApp dan lupa apa kata sandi atau kunci Anda. WhatsApp tidak dapat mengatur ulang kata sandi Anda atau memulihkan cadangan Anda untuk Anda.

Anda dapat mematikan pencadangan terenkripsi end-to-end dengan menggunakan kata sandi atau kunci Anda, atau dengan mengautentikasi dengan biometrik atau PIN perangkat Anda. Jika Anda menonaktifkan pencadangan terenkripsi end-to-end, pesan dan media Anda tidak akan lagi dicadangkan ke cloud  kecuali Anda mengaturnya.

Berikut cara mengamankan obrolan di Google Drive dan menyimpannya dengan aman.

1. Buka WhatsApp dan buka Pengaturan

2. Langkah kedua: Buka opsi Obrolan

3. Gulir ke bawah ke opsi Cadangan obrolan dan ketuk di atasnya.

4. Ketuk opsi cadangan enkripsi end-to-end. Fitur ini dinonaktifkan secara default.

5. Klik fitur tersebut dan Anda akan dibawa ke layar baru yang memberi tahu Anda bahwa cadangan enkripsi end-to-end Anda tidak aktif. Ketuk ‘Aktifkan’.

6. Anda akan diminta untuk membuat kata sandi atau menggunakan kunci enkripsi 64 digit. Masukkan kembali kata sandi dan ketuk di samping untuk menyimpan obrolan Anda dengan aman di Drive.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement