Selasa 08 Mar 2022 13:36 WIB

Chrome Terbaru Miliki Skor Lebih Tinggi Dibandingkan Safari

Kinerja Google Chrome lebih tinggi diukur pada benchmark web Speedometer milik Apple.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Chrome. Kinerja Google Chrome versi terbaru lebih tinggi diukur pada benchmark web Speedometer milik Apple.
Foto: Ubergizmo
Google Chrome. Kinerja Google Chrome versi terbaru lebih tinggi diukur pada benchmark web Speedometer milik Apple.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google meluncurkan pembaruan Chrome terbaru versi M99. Pembaruan ini membuat rekor pada benchmark web Speedometer milik Apple. Bahkan, pembaruan ini lebih cepat dan lebih responsif di Mac daripada Safari.  

Dilansir dari theverge pada Selasa (8/3/2022), sebuah unggahan di Blog Chromium merinci peningkatan yang dilakukan pada kecepatan Chrome selama sekitar satu tahun terakhir saat mengompilasi JavaScript.

Baca Juga

"Ini semua menambahkan hingga browsernya menjadi yang tercepat di M1 Mac, benchmark sekitar 7 persen lebih cepat dari Safari. Chrome M99 juga tampaknya mencetak rekor kecepatan dengan skor 300 pada benchmark yang dibuat oleh tim WebKit Apple," kata Google.

Tolok ukur Speedometer dimaksudkan untuk mensimulasikan bagaimana rasanya menggunakan aplikasi web yang berjalan menggunakan berbagai teknologi untuk melihat seberapa responsif pengalaman tersebut. 

Pengujian itu dijalankan pada MacBook Pro 14 inci dengan chip M1 Max 10-inti dan RAM 64 GB. Lalu, Mengulangnya pada MacBook Pro 13-inci yang didukung M1 dengan RAM 16 GB.

"Kami mendapatkan delta kinerja yang lebih besar, Chrome mencetak 252 run per menit, plus atau minus 8,6 m dan Safari mendapat 185, plus atau minus 46. Itu sekitar perbedaan rata-rata 30 persen, meskipun jelas, ada sejumlah besar variabilitas dengan Safari," kata dia.

Dengan prosesor komputer yang lebih lemah dan RAM yang lebih sedikit, kinerja itu tidak mencapai tanda 300 yang dikatakan tim Google telah dicapai. Meskipun Chrome tidak sepenuhnya dapat disalahkan atas penggunaan RAM yang berat semua skrip yang dijalankannya sangat cepat menghabiskan ruang dan sumber dayanya sendiri.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement