Kamis 24 Feb 2022 15:09 WIB

Google Hilangkan Mode Ringan Hemat Data Chrome di Android

Mode ringan dijadwalkan berhenti pada 29 Maret.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Chrome
Foto: Ubergizmo
Google Chrome

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Google Chrome untuk Android telah menawarkan Mode Penghemat Data yang disebut Mode Ringan selama bertahun-tahun. Langkah tersebut mengikuti jejak aplikasi Opera Mini yang pertama.

Fitur Mode Ringan memampatkan halaman web yang Anda minta sebelum dikirim ke perangkat Anda sehingga lebih sedikit data yang digunakan.

Baca Juga

Sayangnya, bagi mereka yang mengandalkan fitur tersebut, Google kini telah mengumumkan di forum dukungannya bahwa itu akan mematikan Mode Ringan dari Chrome 100 dan seterusnya. Mode itu dijadwalkan berhenti pada 29 Maret.

“Dalam beberapa tahun terakhir kami telah melihat penurunan biaya untuk data seluler di banyak negara dan kami telah mengirimkan banyak peningkatan ke Chrome untuk lebih meminimalkan penggunaan data serta meningkatkan pemuatan halaman web,” tulis Google, dikutip Android Authority, Kamis (24/2).

Apakah Mode Ringan Chrome diaktifkan di ponsel Anda?

Harga data seluler memang menurun di banyak wilayah sementara konektivitas serat juga menjadi lebih umum secara global. Namun, tetap saja sedikit mengecewakan melihat Chrome untuk Android membuang Mode Ringan karena opsi ini berguna untuk menjelajahi web di area dengan jangkauan yang buruk.

Fitur itu juga masih berguna di wilayah di mana data seluler masih mahal, memungkinkan konsumen mendapatkan sedikit lebih banyak uang. Dengan kata lain, Anda mungkin ingin mencari browser lain jika Anda benar-benar harus memiliki fungsi penyimpanan data. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement