Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

7 Hal Sederhana yang Bisa Buat Perasaan Bahagia Setiap Hari

Kamis 20 Jan 2022 01:05 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Perasaan bahagia tidak datang sendiri, melainkan harus diciptakan.

Perasaan bahagia tidak datang sendiri, melainkan harus diciptakan.

Foto: Pxfuel
Perasaan bahagia tidak datang sendiri, melainkan harus diciptakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang tentu ingin hidup dengan dilingkupi kebahagiaan. Namun, perasaan bahagia itu tidak sekonyong-konyong datang sendiri, melainkan harus diusahakan dan diciptakan.

Lalu apa kiranya yang bisa dilakukan untuk memicu rasa bahagia? Seperti dilansir dari laman Well and Good, Kamis (20/1/2022), berikut beberapa cara sederhana untuk meningkatkan perasaan bahagia setiap harinya.

Baca Juga

 

1. Berlatih bersyukur

Syukur adalah salah satu ikhtiar yang paling baik untuk menciptakan rasa bahagia. Psikoterapis Dawn Delgado, menyarankan untuk selalu meninjau 10 hal yang bisa disyukuri setiap harinya sebelum hendak tidur. Bisa ditulis di atas buku catatan atau diingat dalam pikiran.

"Menempatkan perhatian sadar kita pada rasa syukur berdampak pada neurokimia otak kita, khususnya, melepaskan dopamin, neurotransmitter perasaan baik yang memainkan peran penting dalam kebahagiaan," kata Delgado.

 

2. Buat rencana yang menyenangkan

Terkadang, kebahagiaan itu bisa datang ketika kita membuat rencana-rencana yang menyenangkan. Psikiater bersertifikat, Anisha Patel-Dunn, menyarankan untuk menggunakan waktu istirahat sebelum tidur untuk menjadwalkan rencana atau kegiatan yang menyenangkan untuk keesokan harinya. Misalnya pergi ke bioskop, bertemu teman untuk minum kopi atau makan malam, atau bahkan hanya berencana jalan-jalan.

“Menjadwalkan sesuatu yang menyenangkan dapat membantu Anda terbangun dengan perasaan lebih bahagia," katanya.

 

3. Beres-beres sebelum tidur

Delgado menjelaskan bahwa ruangan bisa memengaruhi suasana hati dan emosional. Itu sebabnya mengapa membereskan rumah atau kamar tidur sebelum tidur adalah penting, sehingga esok harinya Anda bisa bangun dengan perasaan lega, tidak terbebani pekerjaan rumah yang menumpuk.

“Sebelum tidur bisa meluangkan beberapa menit untuk membersihkan rumah sehingga Anda bisa bangun dengan perasaan segar,” kata Delgado.

 

4. Siapkan mental untuk menyambut hari esok

Seperti halnya merapikan ruangan fisik, menata dan menyiapkan mental untuk menyambut hari esok juga sangat penting untuk mencapai rasa bahagia. “Atur apa yang harus diprioritaskan oleh pikiran Anda besok hari. Ketika Anda melakukannya, Anda bisa bangun dengan perasaan percaya diri karena sudah mempersiapkan sebelumnya,” kata Delgado.

 

5. Visualisasikan hari ke depan

Sebelum tidur, Anda juga bisa memvisualisasikan hari esok dan optimislah bahwa esok akan berjalan sesuai harapan dan berbuah kebahagiaan. Meski mungkin tidak mudah, namun Delgado menilai bahwa itu bisa membantu menyiapkan diri Anda.

"Pikirkan tentang rencana menyenangkan itu berjalan dengan baik dari awal sampai akhir. Hal-hal besar apa yang akan terjadi? Tantangan apa yang akan Anda hadapi, dan bagaimana Anda akan menanggapinya secara positif?” kata Delgado.

 

6. Menulis memo positif

Cara lain untuk mencapai kebahagiaan adalah dengan menulis memo positif untuk diri sendiri sebelum tidur. Memo seperti “kamu bisa melakukan pekerjaan dengan baik” atau “esok akan menjadi hari yang luar biasa untukmu” niscaya akan menambah semangat.

“Pada awalnya, ini mungkin terasa konyol. Tetapi memo itu bisa menjadi suntikan penyemangat yang efektif buat diri sendiri,” kata Delgado.

 

7. Jauhi media sosial

Meskipun media sosial sering kali bisa menjadi teman terbaik kala jenuh, namun terkadang media sosial juga bisa menjadi ruang yang memicu stress, kecemasan hingga depresi. Karena itulah Dr Patel-Dunn merekomendasikan untuk menjauhkan gawai sebelum tidur untuk membantu mengurangi kecemasan, sehingga Anda bisa lebih bahagia keesokan harinya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA