Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Kisruh Martial dan MU, Saatnya Sang Pemain Minggat?

Senin 17 Jan 2022 12:00 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi

 Anthony Martial.

Anthony Martial.

Foto: EPA-EFE/Alex Livesey
Martial sudah tidak pernah jadi starter di Premier League sejak 2 Oktober lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Nama pemain Manchester United (MU) belakangan menjadi topik hangat di pemberitaan sepakbola Eropa, terutama di Inggris. Bukan karena prestasi, melainkan kabar perselisihan yang terjadi antara dirinya dengan sang pelatih, Ralf Rangnick. 

Saat MU bertandang ke markas Aston Villa, Martial tidak tampak di susunan pemain bahkan di bangku cadangan. Saat ditanya soal ini, Rangnick menyebut bahwa striker berpaspor Prancis itu menolak bergabung dengan skuad utama menuju Villa Park.

Baca Juga

"Dia tidak ingin berada di dalam skuad. Dia seharusnya ada di sini tapi dia tidak mau bergabung, itu alasan dirinya tidak pergi bersama kami hari ini," kata Rangnick seperti dilansir dari BBC Sport International, Ahad (16/1/2022). 

Namun, Martial terang-terangan membantah dirinya mangkir dari tanggungjawab sebagai pemain profesional. Melalui akun Instagram pribadinya, ia menyatakan bahwa tidak pernah terbesit di pikirannya untuk menolak hadir ke dalam agenda klub. 

"Saya tidak pernah menolak bertanding untuk Man United. Saya sudah tujuh tahun di sini dan tidak pernah dikecewakan seperti ini. Saya juga tidak akan pernah mengecewakan klub dan para penggemar," tulis Martial. 

Martial sudah tidak pernah jadi starter di Premier League sejak 2 Oktober lalu. Rumor dirinya akan segera hengkang pun semakin santer. Namun, belum ada klub yang menunjukkan ketertarikan untuk mempermanenkan striker berusia 26 tahun tersebut.

Hanya Sevilla yang berencana menampung Martial dengan cara meminjam. Namun, Sevilla belum sepakat dengan nominal gaji yang harus dibayarkan selama periode peminjaman. Pasalnya, Martial saat ini dibayar 150 ribu poundsterling per pekan dan menjadi salah satu pemain dengan upah termahal di MU. 

Selama berseragam MU sejak 2015 lalu, Martial sudah mempersembahkan 56 gol dari 173 pertandingan di semua kompetisi. Hubungan striker asal Prancis itu dengan pihak klub dikabarkan sudah muncul memanas sejak 2018 silam.

Di satu sisi, absennya Martial menjadi pukulan telak bagi MU yang tengah ditinggalkan banyak pemain akibat tertular Covid-19 dan beberapa pemain yang harus berlaga di Piala Afrika 2021. Padahal, MU sedang berusaha merangkak ke zona Liga Champions. Saat ini, mereka masih tertahan di peringkat ketujuh Premier League dengan 32 angka karena dari tiga pertandingan Liga Primer terakhir, mereka hanya mampu mengemas dua kemenangan. 

Laman Manchester Evening News pada Senin (17/1/2022) melaporkan bahwa isu miring yang terjadi di internal MU membuat kepercayaan para penggemar berpotensi menurun. Sebab, Martial dinilai menjadi salah satu pemain paling berpengaruh saat ini di ruang ganti.

Akan tetapi, hembusan berita negatif ternyata tidak membuat Martial terus-menerus menghilang dari peredaran. Pasalnya, ia sudah kembali ke Carrington untuk menghadiri sesi latihan tim rutin. 

Fotografer Manchester Evening News mendapat foto Martial baru meninggalkan tempat latihan MU menggunakan mobil peribadinya, begitu juga dengan rekan-rekan setim yang lain. Sampai saat ini, Rangnick belum memberi pernyataan susulan setelah dirinya mengklaim Martial enggan bergabung ke dalam tim. 

Karena Martial tidak termasuk ke dalam pemain yang masuk daftar cedera, dirinya diharapkan bisa kembali merumput di dua laga MU pekan ini. Jadwal yang padat mau tak mau mengharuskan Rangnick melakukan rotasi agar kondisi pemain tetap terjaga. The Red Devils akan menghadapi dua pertandingan Liga Primer Inggris kontra Brentford pada Kamis (20/1/2022) dini hari WIB dan melawan West Ham United pada Sabtu (22/1/2022) malam WIB. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA