Kamis 06 Jan 2022 18:49 WIB

Cek, Ini Dia Manfaat WhatsApp Business Bagi Pelaku Usaha

Sebanyak 5 juta pelaku usaha telah memanfaatkan WhatsApp Business.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
WhatsApp Business memiliki fitur Katalog untuk memudahkan pebisnis kecil memasarkan produk dan jasanya.
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
WhatsApp Business memiliki fitur Katalog untuk memudahkan pebisnis kecil memasarkan produk dan jasanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – WhatsApp adalah aplikasi pesan terpopuler dengan dua miliar pengguna aktif harian. Tidak heran, jika pengembang Facebook memperluas platform dengan kehadiran WhatsApp Business.

WhatsApp Business adalah aplikasi obrolan over the top (OTT) yang menghadirkan fungsionalitas dan kenyamanan komunikasi pelanggan. Lebih dari lima juta pelaku usaha memanfaatkan WhatsApp Business.

Baca Juga

Aplikasi perpesanan OTT seperti WhatsApp dengan cepat melampaui perpesanan SMS karena biaya, kecepatan, dan kemampuannya untuk mengobrol dengan orang-orang di seluruh dunia.

Pelaku usaha dan konsumen dapat mengobrol secara gratis. Cara ini ideal untuk berkomunikasi dengan pelanggan di luar wilayah pelaku usaha. Untuk lebih mengenal WhatsApp Business, Anda perlu mengetahui sejumlah manfaatnya:

Komunikasi dua arah yang nyaman

WhatsApp Business memberi pelaku usaha cara untuk terlibat dalam pengiriman pesan dua arah dengan pelanggan. Aplikasi ini menawarkan bisnis yang nyaman dan langsung ke berbagai komunikasi dan kampanye pelanggan.

Peningkatan layanan pelanggan

WhatsApp Business memberi pelaku usaha lingkungan pribadi untuk mengobrol dengan pelanggan secara real time. Dengan memberikan informasi dan dukungan yang dicari pelanggan Anda, WhatsApp Business menumbuhkan loyalitas dan kepercayaan.

Percakapan yang diverifikasi merek

Setiap bisnis harus membuat Profil Bisnis di WhatsApp, yaitu identitas bisnis unik yang memasukkan elemen branding ke dalam percakapan WhatsApp. Anda dapat menambahkan nomor kontak, URL situs web, lokasi toko, detail promosi, dan informasi lain. WhatsApp Business juga memungkinkan Anda menambahkan multimedia ke pesan, termasuk gambar, video, dan dokumen.

Jangkauan global      

WhatsApp adalah aplikasi pesan terpopuler di lebih dari 100 negara dengan basis pelanggan global lebih dari dua miliar. Ini menjadikannya saluran yang sempurna bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan yang terikat.

Secara otomatis memulai lebih banyak percakapan

Setelah pengguna memilih untuk menerima pesan WhatsApp dari bisnis Anda, Anda dapat membuat pesan template yang memberi tahu pelanggan untuk mengambil langkah berikutnya dan memulai percakapan.

Dengan memberlakukan kebijakan ketat untuk kualitas konten dan waktu respons, WhatsApp memastikan pengguna tidak menerima komunikasi yang berisi spam atau tidak relevan. WhatsApp juga mengharuskan pelaku usaha untuk menanggapi pesan pelanggan yang masuk dalam waktu 24 jam menggunakan pesan non-template.

Keamanan tambahan dengan keikutsertaan pesan pelanggan

Mengelola berbagai peraturan dan undang-undang kepatuhan dapat menjadi masalah besar bagi bisnis. WhatsApp memiliki fitur keamanan seperti enkripsi ujung ke ujung dan otentikasi dua faktor untuk menjaga konsumen dan bisnis tetap aman. WhatsApp Business juga memverifikasi akun bisnis Anda saat pendaftaran, memastikan identitas pelanggan Anda saat mereka memilih untuk menerima SMS dan komunikasi Anda.

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement