Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Cara Atur Pesan WhatsApp tidak Muncul di Notifikasi

Rabu 05 Jan 2022 08:28 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah

Terkadang pesan WhatsApp yang masuk tidak terbaca orang lain di notifikasi.

Terkadang pesan WhatsApp yang masuk tidak terbaca orang lain di notifikasi.

Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Terkadang pesan WhatsApp yang masuk tidak terbaca orang lain di notifikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesan yang terlihat pada notifikasi WhatsApp terkadang membuat Anda khawatir. Di beberapa momen, Anda tidak ingin seseorang melihat pesan yang masuk di notifikasi ponsel. Jika Anda mengalami ini, ada cara untuk menghindarinya.

Baik pengguna iOS atau Android, mereka dapat menyembunyikan pesan yang terlihat di notifikasi dengan menonaktifkan opsi pratinjau dan mengubah bagian pengaturan ponsel. Saat opsi pratinjau dinonaktifkan untuk pengguna iOS, WhatsApp hanya akan menampilkan nama pengirim dan teks dalam notifikasi akan menjadi pesan.

Baca Juga

Namun, itu tidak akan terjadi pada pengguna Android karena akan mematikan opsi notifikasi WhatsApp di pengaturan ponsel. Berikut langkah-langkah untuk menyembunyikan pesan WhatsApp di notifikasi ponsel, seperti dilansir The Indian Express, Rabu (5/1/2022).

Cara mematikan pratinjau pesan WhatsApp di Android

1.Buka bagian “Pengaturan” telepon.

2.Ketuk “Aplikasi & Pemberitahuan” dan cari aplikasi WhatsApp.

3.Setelah Anda menemukan aplikasi perpesanan, buka “Notifikasi.”

4.Matikan “Tampilkan Pemberitahuan.” Setelah ini selesai, Anda tidak akan melihat pesan WhatsApp di layar kunci ponsel atau di panel notifikasi.

Jika Anda tidak ingin menonaktifkan notifikasi untuk WhatsApp dan masih ingin menyembunyikan pesan di panel notifikasi, maka Anda dapat menonaktifkan fitur “Prioritas Tinggi” WhatsApp. Jika Anda tidak menyadarinya, ini memungkinkan pengguna untuk mengelola pemberitahuan dengan cara yang lebih baik.

Saat fitur ini diaktifkan, Anda akan mendapatkan semua notifikasi yang masuk di atas pusat notifikasi. Ini berlaku untuk obrolan pribadi dan grup. Namun, perhatikan bahwa menonaktifkan “Prioritas Tinggi” tidak berarti Anda tidak akan mendapatkan notifikasi. Mereka akan muncul di suatu tempat di panel notifikasi jika Anda memiliki banyak pesan. Lebih baik matikan notifikasi untuk aplikasi perpesanan di bagian Pengaturan ponsel agar aman.

Cara mematikan pratinjau pesan WhatsApp di iOS

1.Buka aplikasi WhatsApp di iPhone dan kunjungi bagian “Pengaturan” yang terletak di sudut kanan bawah layar.

2.Buka opsi “Pemberitahuan.”

3.Nonaktifkan opsi “Tampilkan Pratinjau.”

Sekarang setiap kali Anda menerima pesan WhatsApp baru, tidak ada yang bisa melihat pesan Anda. Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini, maka notifikasi hanya akan memberi tahu Anda nama pengirim dengan label "Pesan".

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA