Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Teka-Teki Masa Depan Haaland

Jumat 24 Dec 2021 12:12 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Muhammad Akbar

 Erling Haaland dari Dortmund bereaksi selama pertandingan sepak bola Bundesliga Jerman antara Hertha BSC dan Borussia Dortmund di Berlin, Jerman, 18 Desember 2021.

Erling Haaland dari Dortmund bereaksi selama pertandingan sepak bola Bundesliga Jerman antara Hertha BSC dan Borussia Dortmund di Berlin, Jerman, 18 Desember 2021.

Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
Dengan rekor yang dimiliki, Haaland menjadi pemain paling diuncar di Eropa saat ini

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND --Erling Haaland melambaikan tangan ke suporter di Signal Iduna Park, usai Borussia Dortmund menang 3-0 atas Greuther Furth. Lambaian itu dinilai sebagai isyarat perpisahan Haaland, yang akan hengkang pada bursa transfer Januari atau musim panas mendatang.

Namun kemana Haaland akan berlabuh masih jadi teka-teki. Dengan rekor yang dimilikinya, Haaland menjadi pemain paling diuncar di Eropa saat ini. Apalagi, musim panas tahun depan, klausul pelepasan Haaland mulai berlaku. Sejumlah klub mulai bermanuver.

Baca Juga

Sang agen, Mino Raiola mengungkapkan Haaland telah memiliki tujuan yang jelas untuk masa depannya, setelah berpisah dengan Borussia Dortmund. Haaland memiliki klausul pelepasan sebesar 75 juta euro dalam kontraknya. Harga yang tidak bisa diabaikan oleh klub-klub kaya.

Oleh karena itu sejumlah klub mulai melakukan pendekatan ke Dortmund untuk membeli striker asal Norwegia tersebut. Tapi Raiola menegaskan kalau ia dan kliennya sudah punya proyeksi sendiri kedepannya, dan tak akan terpengaruh oleh godaan klub-klub top Eropa.

''Kami telah berpikir selama dua tahun. Kami memiliki ide yang jelas kemana Haaland harus pergi. Kami tidak terpengaruh oleh pasar,'' ucap Raiola, dikutip dari Marca, Jumat (24/12).

Ia mengklaim bisa mempengaruhi klub manapun dengan pemain seperti Haaland. Raiola bahkan mengungkapkan kalau rumor soal kepindahaan Haaland lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pertandingan. ''Dua hari pertandingan dan lima rumor,'' kata dia.

Namun kini klub-kub top yang meninginginkan Haaland sudah mulai terlihat. Terbaru, nama Haaland muncul dalam daftar target Liverpool. Itu karena Mohamed Salah minta the Reds memperkuat skuad mereka, sebagai bagian dari negosiasi perpanjangan kontrak.

Sementara Salah, yang sedang negosiasi kontrak baru dengan Liverpool, minta klubnya lebih kompetitif ke depan. Sehingga tuntutan tersebut membuat Liverpool, yang tadinya tidak terdengar mengincar striker, untuk mendapatkan tanda tangan Haaland.

Agustus lalu, manajer Liverpool, Juergen Klopp, mengungkapkan keyakinannya bahwa Haaland akan menarik minat dari berbagai kekuatan sepak bola Eropa.

''Cepat atau lambat, (Haaland) akan menjadi agenda klub-klub besar. Saya tidak tahu apakan itu tahun depan (atau bukan). Tapi Dortmund harus menghadapinya,'' kata Klopp.

Klopp menilai Haaland merupakan pemain yang menarik, dengan energi yang besar. Bahkan Klopp menyebut mantan pemain RB Salzburg itu memiliki kekuatan alam. Tapi sampai saat ini Dortmund bersikeras mempertahankan Haaland.

Rival Liverpool di Liga Primer Inggris, Manchester United, juga telah memulai langkah untuk mendapatkan Haalans.

Ralf Rangnick, yang jadi pelatih interim di MU nampaknya belum puas dengan striker yang ada. Karena itu ia ingin mendatangkan penyerang lagi. Dikutip dari Mirror, Rangnick telah menghubungi ayah Erling, Alf-Inge, untuk bisa membujuk anaknya ke Old Trafford.

Rangnick punya hubungan yang baik dengan Alf-Inge, setelah sang penyerang berada di RB Salzburg. Pria berusia 63 tahun itu membantu Haaland menyegel kepindahannya ke Dortmund dan dia sekarang berharap mantan pemainnya bersama Alf-Inge bisa memberi United keunggulan dalam persaingan dengan klub-klub top lain.

Rangnick diklaim menjadikan penandatanganan penyerang baru sebagai prioritas pada 2022.

Dalam konferensi pers pendahuluannya, Rangnick terpaksa menepis klaim bahwa kontraknya termasuk klausul bonus jika dia bisa memikat Haaland ke Old Trafford.

Sementara Real Madrid melihat kedatangan Haaland pada tahun 2023 sebagai sosok yang ideal untuk menggantikan Karim Benzema, yang akan berusia 35 tahun dalam waktu 18 bulan ke depan.

Tapi raksasa Spanyol tersebut juga terbuka untuk menggaet Haaland musim panas ini. Selain Liverpool, MU, dan Real Madrid, klub yang sempat dikabarkan ingin menggaet Haaland adalah Barcelona dan Manchester City.

Namun, direktur olahraga Dortmund, Michael Zorc, meyakinkan penggemar kalau pemain internasional Norwegia akan tetap bertahan pada bursa transfer Januari. Walaupun saat dirinya bertanya soal gestur tersebut, Haaland tidak menjawabnya.

''Tentu saja dia akan bertahan. Kami ingin dia bertahan di Dortmund pada musim panas. Kami tidak harus melepaskannya, bukan juga karena alasan keuangan,'' ucap Zorc, dikutip dari Marc.

Namun Zorc sadar, kalau mantan pemain RB Salzburg itu memiliki peluang untuk pindah klub. Karena itu dirinya akan melakukan pembicaraan dengan Haaland dalam beberapa pekan ke depan. Sebab Haaland masih terikat kontrak jangka panjang dengan Dortmund saat ini.

Sehingga jika ingin pergi, maka Haaland diminta untuk bicara lebih dulu ke klub. Bukan klub yang mengambil inisiatif pembicaraan. ''Semuanya akan baik-baik saja untuk Dortmund jika tetap seperti itu,'' kata Zorc.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA