Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Ini Alasan Guardiola Restui Kepergian Ferran Torres dari Man City ke Barcelona

Kamis 23 Dec 2021 21:17 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Pemain timnas Spanyol dan Manchester City, Ferran Torres.  Ferran Torres tinggal selangkah lagi memperkuat Barcelona pada Januari 2022 mendatang.

Pemain timnas Spanyol dan Manchester City, Ferran Torres. Ferran Torres tinggal selangkah lagi memperkuat Barcelona pada Januari 2022 mendatang.

Foto: AP/Dave Thompson
Guardiola tak mau Torres mengorbankan kebahagiaannya lantaran dipaksa bertahan.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Barcelona dan Manchester City dikabarkan telah mencapai kata sepakat terkait kepindahan penyerang asal Spanyol, Ferran Torres. Blaugrana akan menebus Torres dengan nilai transfer dilaporkan mencapai 55 juta euro dengan kemungkinan tambahan bonus mencapai 10 juta euro.

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, pun mengungkapkan alasannya untuk merelakan kepergian pemain berusia 21 tahun tersebut. Pelatih asal Spanyol itu menginginkan kebahagiaan untuk para pemainnya.

Baca Juga

Guardiola tidak mau, seorang pemain mengorbankan kebahagiaannya lantaran dipaksa bertahan oleh manajemen the Citizens.

''Saya ingin kebahagiaan untuk para pemain saya. Jika dia tidak bahagia, maka dia dipersilakan untuk hengkang. Kami bukan klub dengan presiden ataupun direktur eksekutif memaksa seorang pemain untuk bertahan. Pemain dan klub harus mencapai kesepakatan. Namun, jika pemain ingin pergi, maka dia bisa pergi,'' ujar Guardiola seperti dikutip BBC, Kamis (23/12).

Sebelumnya, Torres memang sempat dikabarkan telah mengungkapkan keinginannya untuk hijrah dari the Citizens kepada Guardiola. Eks pemain Valencia itu berharap bisa mendapatkan kesempatan lebih banyak tampil secara reguler di klub lain.

Permintaan Torres ini agaknya dikabulkan oleh Guardiola. Torres direkrut Man City dari Valencia pada awal musim 2020/2021. Pada saat itu, City disebut-sebut menggolontorkan dana transfer seebsar 23 juga euro demi bisa mendapatkan penggawa timnas Spanyol tersebut.

Performa Torres pada musim debutnya bersama the Citizens pun terbilang memuaskan. Jebolan tim junior Valencia itu menyumbang 13 gol dan tiga assist dari 36 penampilan di semua ajang.

Di bawah kendali Guardiola, Torres, yang mengawali karier sebagai gelandang serang itu, dipercaya melakoni tugas baru di the Citizens, yaitu sebagai penyerang tengah. Namun, pada musim ini, menit bermain Torres terus menurun. Meski sempat tampil di tiga laga awal Liga Primer Inggris, Torres absen di dua laga berikutnya.

Kondisinya kian buruk saat Torres mengalami cedera retak tulang kaki kala the Citizens disingkirkan West Ham United di putaran keempat Piala Liga Inggris, Oktober lalu. Sejak saat itu, Torres terus menjalani perawatan akibat cederanya tersebut.

Pengoleksi 22 caps buat La Furia Roja, julukan timnas Spanyol, itu tercatat hanya merumput di tujuh laga dan baru menyumbang tiga gol dan satu assist buat the Citizens pada awal musim ini. Kini, Torres akan kembali ke Liga Spanyol dan memperkuat Barcelona.

Meski diketahui tengah berada dalam krisis finansial, Barcelona dikabarkan sudah bisa menebus Torres dari the Citizens lantaran telah mendapatkan dana pinjaman dari Goldman Sachs, firma investasi perbankan asal Amerika Serikat.

Namun, untuk bisa menyertakan Torres di tim utama, Barcelona harus terlebih dahulu melepas pemain guna memenuhi ketentuan batasan gaji dari La Liga Spanyol.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA