Senin 20 Dec 2021 16:03 WIB

Media Italia Terbelah Soal Gol Franck Kessie ke Gawang Napoli yang Dianulir

Napoli mengalahkan AC Milan 1-0 setelah gol Kessie dianulir.

Gol gelandang AC Milan Franck Kessie (tengah) ke gawang Napoli yang dianulir karena Olivier Giroud dianggap offside dalam laga Serie A Liga Italia di San Siro, Senin (20/12) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Roberto Bregani
Gol gelandang AC Milan Franck Kessie (tengah) ke gawang Napoli yang dianulir karena Olivier Giroud dianggap offside dalam laga Serie A Liga Italia di San Siro, Senin (20/12) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laga AC Milan kontra Napoli berakhir dengan kontroversi ketika gol Franck Kessie pada pengujung laga dianulir. Alhasil, Napoli memenangkan pertandingan lanjutan Serie A Liga Italia dengan kemenangan 1-0 di Stadion San Siro, Milan, Senin (20/12) dini hari WIB. Sejumlah media ternama Italia gagal memberikan pandangan yang jelas tentang insiden tersebut, seperti dikutip dari Football Italia.

Gol penyeimbang Milan dianulir karena Olivier Giroud dianggap aktif dalam posisi offside meski posisinya terbaring di bawah bek Napoli. Ahli wasit dari tv DAZN, Luca Marelli, mengatakan terkejut bahwa tinjauan lapangan sedang berlangsung. La Gazzetta dello Sport cenderung setuju dengan mantan wasit itu.

Baca Juga

Namun, media tersebut menilai benar ada tinjauan di lapangan, meskipun berpendapat gol seharusnya tidak dianulir karena Giroud tidak mengganggu permainan.

Wasit Davide Massa yang memimpin laga itu dinilai 4,5/10 oleh surat kabar yang berbasis di Milan. Padahal sebelum insiden itu kinerja wasit Massa dinilai sangat baik. Nilai Massa sama dengan wasit VAR Alessandro Di Paolo.

Di sisi lain, media Tuttosport asa Turin dan Il Corriere dello Sport yang terbit di Roma menawarkan pandangan berbeda tentang situasi tersebut. Corriere dello Sport bahkan menulis bahwa wasit VAR Di Paolo 'menyelamatkan Massa' dengan seruannya untuk melihat tinjauan ulang VAR.

Surat kabar tersebut menjelaskan pandangan mereka tentang insiden tersebut, menulis bahwa ada kontak antara Giroud dan bek Napoli Juan Jesus. Kemudian mantan striker Chelsea itu menggerakkan kakinya untuk mencoba menyentuh bola. Karenanya, posisi offside-nya harus dianggap aktif. 

Dengan kemenangan ini, Napoli naik ke posisi kedua, menggusur Milan yang turun ke tempat ketiga. Kedua tim sama-sama mengoleksi nilai 39, tapi Napoli unggul dalam perhitungan gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement