Friday, 18 Jumadil Akhir 1443 / 21 January 2022

Janji Xavi Jadikan Barcelona Kembali Hebat

Selasa 09 Nov 2021 08:59 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Xavi Hernandez saat diperkenalkan sebagai pelatih baru Barcelona.

Foto:
Xavi juga bertekad mempertahankan Ousmane Dembele.

Tantangan berat dan pertahankan Dembele

Eks pelatih Al Sadd itu memang dihadapkan dengan tantangan berat. Barcelona tertinggal begitu jauh dalam perebutan gelar juara Liga Spanyol musim ini. Hanya bisa memetik empat kemenangan dari 12 laga, Blaugrana masih terpuruk di peringkat kesembilan klasemen sementara La Liga dengan koleksi 17 poin. Barcelona tertinggal 11 angka dari Real Sociedad yang berada di puncak klasemen sementara. 

Rencananya, Xavi akan melakoni laga debutnya sebagai pelatih Barcelona saat Memphis Depay dan kawan-kawan menerima lawatan Espanyol pada jornada ke-14, Ahad (21/11) dini hari WIB. Xavi memiliki waktu persiapan selama dua pekan atau selama jeda internasional untuk bisa mengantarkan Barca memetik kemenangan di laga ini. 

Xavi juga memperingatkan para peminat Ousmane Dembele untuk mundur. Juventus dan Manchester United dikabarkan di antara klub yang meminati winger Prancis itu. Xavi menegaskan, perpanjangan kontrak Dembele adalah prioritas bagi raksasa La Liga tersebut.

Kontrak Dembele akan berakhir pada musim ini, tetapi agennya belum mencapai kesepakatan dengan Catalans. Menurut laporan terbaru di Spanyol, Dembele tidak mau menandatangani kontrak baru dengan klub. MU berada di posisi terdepan untuk mengamankan jasanya di musim panas. Namun, Juventus juga dikaitkan dengan eks pemain Borussia Dortmund itu. Namun Xavi dikabarkan sudah mendorong pembaruan kontraknya.

“Bagi saya, Dembele bisa menjadi yang terbaik di dunia dalam posisinya dengan bekerja,” kata mantan gelandang itu. “Saya tidak ragu bahwa dia bisa membuat perbedaan di Barcelona dan menjadi bintang dunia. Kita harus membantunya. Pembaruan kontraknya adalah prioritas, tentu saja.” 

Dembele bergabung dengan Barcelona dengan biaya rekor klub 135 juta euro pada tahun 2017. Dia telah berjuang untuk membuktikan sesuai dengan label harganya setelah mencetak 30 gol dan memberikan 21 assist dalam 119 penampilan di semua kompetisi.

Pekan lalu, pemain sayap Prancis itu membuat debutnya melawan Dynamo Kiev. Namun ia bermain hanya 25 menit dan mengalami cedera baru yang membuatnya absen untuk waktu yang tidak ditentukan. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA