Senin 08 Nov 2021 03:03 WIB

Xavi Bicara Pentingnya Pemain Muda dan Akademi

Xavi merupakan produk akademi Barcelona yaitu La Masia.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Xavi Hernandez, pelatih Al-Sadd yang menjadi incaran Barcelona menggantikan Ronald Koeman
Foto: EPA-EFE/Alejandro García
Xavi Hernandez, pelatih Al-Sadd yang menjadi incaran Barcelona menggantikan Ronald Koeman

REPUBLIKA.CO.ID, KATALAN--Pelatih baru Barcelona Xavi Hernandez bicara tentang pentingnya pemain muda dan jebolan akademi dalam sebuah tim. Ia menilai ada mentalitas berbeda antara pemain lokal dengan asing.

Xavi merupakan produk akademi Barcelona yaitu La Masia. Sehingga ia paham tanggungjawab untuk klub. Ia merasa keluarga seperti memiliki hutang untuk membalasnya.

“Pemain lokal selalu memiliki komitmen ekstra, dedikasi ekstra. Ini adalah rumah mereka, mereka adalah penggemar Barca, mereka dibesarkan di sini. Ini seperti memiliki bisnis keluarga," kata Xavi dilansir dari Barcauniversal, Ahad (7/11).

Lebih lanjut ia menekankan pemain baru tak akan serta merta bisa beradaptasi dengan gaya permainan tim. Ia tak menampik fakta banyak rekannya yang membutuhkan waktu memahami gaya bermain Barcelona.

Ia menjelaskan pemain muda yang datang ke Barcelona pada usia 17-18 tahun membutuhkan waktu lama untuk memahami gaya sepakbola Barcelona. Ia mengeklaim mereka memerlukan waktu hingga dua tahun.

"Itulah mengapa sangat penting untuk mempercayai pemain lokal," ia menegaskan.

Mantan pelatih Al Sadd ini memang layak dibicarakan. Pasalnya ia adalah produk La Masia yang sukses. Ia bagian dari akademi sejak muda dan tumbuh dengan sistem gaya bermain klub.

Xavi yang ditunjuk sebagai pelati Barcelona setelah klub mencapai kesepakatan dengan Al Sadd memiliki skuad yang diinginkan. Ada pemain muda di Blaugrana saat ini antara lain Ansu Fati, Pedri, Gavi, Nico, Araujo dan Dest.

Banyak yang berharap Xavi mengembalikan filosofi bermain Barcelona. Karena dianggal paham akan hal tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement