Wapres: Peparnas XVI Pembuktian Semangat Kesetaraan

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil

Kontingen Provinsi Jawa Tengah mengikuti defile upacara pembukaan Peparnas Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat (5/11/2021). Pembukaan Peparnas Papua tersebut bertemakan Cahaya Kemenangan Dari Timur Papua.
Kontingen Provinsi Jawa Tengah mengikuti defile upacara pembukaan Peparnas Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat (5/11/2021). Pembukaan Peparnas Papua tersebut bertemakan Cahaya Kemenangan Dari Timur Papua.
Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi/nym.
Wapres membuka Peparnas di Papua.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua bukan hanya sekadar kompetisi olahraga. Wapres menilai, Papernas merupakan pembuktian adanya semangat kesetaraan dan persamaan antarwarga bangsa Indonesia.

"Peparnas juga bukan sekedar kompetisi olahraga. Tetapi lebih dari itu, ini adalah pembuktian adanya semangat kesetaraan dan persamaan bagi kita semua," kata Wapres saat membuka Peparnas XVI d Stadion Mandala, Jayapura, Jum’at (5/11) waktu setempat.

Baca Juga

Wapres juga mengatakan Peparnas XVI adalah ajang yang sangat istimewa untuk mendobrak batas diri para atlet dan keluar sebagai pemenang. 

Karenanya, ia mengajak semua pihak merayakan semangat kesetaraan dan semangat persaudaraan sesama anak bangsa dalam Peparnas yang akan berlangsung hingga 15 November 2021 tersebut.

"Ini merupakan pembuktian komitmen pemerintah untuk memberikan perlakuan yang setara bagi setiap warga negara," katanya.

Wapres meyakini penyelengaraan Peparnas 2021 di Papua akan sukses dan mengulang kesuksesan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX Papua Oktober lalu. Ini karena masyarakat Papua adalah masyarakat pecinta olahraga dan masyarakat Papua adalah tuan rumah yang hangat.

Karena itu, Wapres mengajak masyarakat Papua dan pihak yang terlibat untuk mensukseskan Peparnas 2021 ini.

"Sukses ini, sekali lagi, akan dicatat dalam sejarah yang akan selalu dikenang dalam hati seluruh rakyat Indonesia," 

Wapres juga mengapresiasi seluruh kontingen dari seluruh wilayah Indonesia yang akan berlaga di Peparnas Papua ini. Setelah dibuka hari ini, ia juga berharap seluruh atlet dapat berkompetisi dengan sportivitas yang tinggi untuk meraih prestasi.

Menurutnya, para atlet paralimpik adalah inspirasi dan energi bagi sesama warga bangsa dan negara serta semangat untuk meraih prestasi, dan pantang menyerah.

"Saudara-saudara harus mampu melakukan apa yang orang lain bisa lakukan, raihlah prestasi yang melampaui cita-citamu. Hambatan tidak boleh menghalangi cita-cita meraih prestasi," ujar Wapres.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Komentar

Terkait


Lifter Jawa Tengah Rani Puji Astuti memberi salam sebelum melakukan angkatan pada final angkat berat putri kelas 61 kg Peparnas Papua di Hotel Suni Garden Lake, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (10/11/2021). Rani Puji Astuti meraih medali emas dan memecahkan rekor nasional dengan angkatan terbaik 100 kg, medali perak diraih lifter Riau Tari Bunga Hartauli Siburian dengan angkatan 82 kg dan medali perunggu diraih lifter Papua Maryani Majid dengan angkatan 70 kg.

Rekor demi Rekor Kembali Tercipta di Peparnas XVI Papua

Para perenang melakukan start pada final renang 200 meter gaya bebas putra klasifikasi S9 Peparnas Papua di Venue Aquatic Kompleks Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (10/11/2021).

Hujan Rekor di Cabor Renang Peparnas Papua

Penjaga gawang Jawa Barat Rahmat Fadilah bersiap menendang bola di ajang Peparnas Papua XVI.

Jabar-Jatim Dapat Perunggu Bersama di Sepak Bola Peparnas

Tiga atlet tenis lapangan kursi roda beregu putra Papua berfoto usai penerimaan medali Peparnas XVI Papua di Sian Soor, Jayapura, Papua, Rabu (10/11/2021). Papua meraih medali emas, DIY meraih medali perak sedangkan medali perunggu diraih Jabar dan Banten.

Papua Raih Emas Tenis Lapangan Kursi Roda Beregu Putra

Lifter Jawa Barat Shebrioni memperlihatkan medali emas saat penganugerahan juara angkat berat putri kelas 67 kg Peparnas Papua di Hotel Suni Garden Lake, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (10/11/2021). Shebrioni meraih medali emas dan memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri dengan angkatan terbaik 107 kg dan medali perak diraih lifter Kalimantan Barat Yuliana Lili dengan angkatan 103 kg.

Lifter Jabar Raih Rekor Nasional Angkat Berat 67Kg Putri

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image