Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Bupati Minta Bencana di Minahasa Tenggara tak Dieksploitasi

Jumat 24 Sep 2021 14:22 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Seorang warga membersihkan lumpur rumahnya setelah terendam banjir. Bupati minta warga jangan lakukan penggalangan dana dengan meminta di jalan. Ilustrasi.

Seorang warga membersihkan lumpur rumahnya setelah terendam banjir. Bupati minta warga jangan lakukan penggalangan dana dengan meminta di jalan. Ilustrasi.

Foto: ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar
Bupati minta warga jangan lakukan penggalangan dana dengan meminta di jalan

REPUBLIKA.CO.ID, MINAHASA TENGGARA - Bupati Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, James Sumendap meminta masyarakat tidak mengeksploitasi bencana banjir bandang di daerahnya dengan cara meminta dana di jalanan.

"Kami sangat mengerti maksud atau keinginan sejumlah pihak untuk membantu warga di Minahasa Tenggara yang terdampak bencana. Namun tolong dan saya memohon bencana ini tidak dieksploitasi dengan menggalang dana di jalanan," kata dia di Ratahan, Jumat (24/9).

Baca Juga

Menurutnya, pemerintah maupun masyarakat yang terdampak bencana di Kecamatan Ratahan dan Ratahan Timur membuka tangan bagi lembaga sosial, organisasi, maupun pribadi yang peduli untuk ikut membantu.

"Namun kami berharap penggalangan dana untuk korban bencana tidak dengan cara meminta di jalan, karena hal tersebut secara administrasi nantinya tidak bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.

James juga memastikan bantuan yang diberikan pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga sosial, dan pribadi merupakan sumber yang jelas dan akan dikelola oleh pemerintah kabupaten dengan baik. "Mohon maaf penerimaan sumbangan untuk bencana di Minahasa Tenggara, harus berasal dari sumber yang jelas dan kami pastikan itu dikoordinasikan dengan baik," jelasnya.

James menegaskan semua bantuan yang diberikan berbagai pihak dicatat oleh pemerintah dan dapat dipertanggungjawabkan penyalurannya. "Kami pastikan semua bantuan dari siapa pun telah dicatat oleh pemerintah dan proses penyaluran diatur dengan baik serta disalurkan tepat sasaran," katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA