Senin 23 Aug 2021 22:43 WIB

Dorong Bangkitnya UMKM, Depok Adakan Depok Virtual Expo

Expo ini dilakukan masih dalam kondisi pandemi sehingga diadakan secara virtual.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Muhammad Fitriawan
Foto: Istimewa
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Muhammad Fitriawan

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Peringatan hari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Nasional, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengadakan Depok Virtual Expo. Gelaran yang dilakukan masih dalam kondisi pandemi sehingga diadakan secara virtual. 

"Kondisi pandemi yang belum berangsur membaik mendorong Pemkot Depok untuk terus berinovasi melakukan program-program yang membantu UMKM untuk bangkit," ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, M Fitriawan dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (23/8).

Baca Juga

Acara Depok Virtual Expo di gagas Dinas Koperasi dan Usaha Mikro ini akan dilaksanakan pada 24 Agustus-25 September 2021. Acara pembukaan akan dihadiri Wali Kota Depok dan Wakil Wali Kota Depok, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S uno. "Tema yang diangkat dalam acara Depok Virtual Expo ini adalah Go Dilan. Yang pertama Go Digital di mana Pemkot Depok berkolaborasi dengan marketplace nasional," jelas Fitriawan.

Pemkot Depok berharap dengan event ini para UMKM dengan cepat beradaptasi ke dunia digital, sehingga keterbatasan pasar akibat pandemi dapat teratasi dengan masuk ke dalam dunia digital. "Pada event kali ini Pemkot Depok berkolaborasi dengan Tokopedia, Shopee dan Shopee Food," terang Fitriawan.

Fitriawan mengatakan, kolaborasi ini bukan hanya pada event Depok Virtual Expo tapi untuk akan dilanjutkan setelah event. Dari pihak ecommerce pun berkomitmen untuk mensupport pendampingan paska event berupa program inkubasi, salah satunya melalui Bimbel Shopee. 

Selain itu, ShopeePay dan ShopeeFood juga akan turut membantu menambah visibilitas para UMKM melalui berbagai promo menarik yang dihadirkan. Agar bisnis mereka dapat terus bertahan dan berkembang, terutama selama pandemi ini. "Kedepannya, Pemkot Depok juga membuka peluang kerjasama dengan ecommerce lain, yang mau membantu UMKM Depok untuk meningkatkan penjualan di dunia digital," ungkapnya.

Yang kedua, lanjut Fitriawan, Bela Produk Lokal, Pemkot Depok selalu mendorong untuk membantu UMKM bertahan dan bertumbuh dengan cara mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi produk-produk lokal. Komitmen pemerintah ini diperkuat dengan Surat Edaran Wali Kota Depok tentang belanja produk UMKM Kota Depok, dimana Pemkot Deook mendorong para ASN untuk membeli produk UMKM serta memberikannya kepada para isoman. 

"Surat Edaran ini akan dilanjutkan pada surat edaran berikutnya untuk memperkuat serta mendorong Bela Produk Lokal lebih luas lagi yang bukan hanya menyasar para ASN juga masyarakat pada umumnya. Bersamaan dengan itu akan diluncurkan Toko Oleh-oleh Depok sebuah platform digital yang memuat produk-produk pilihan hasil Kurasi UMKM Depok," papar Fitriawan.

Menurut Fitriawan, dalam menjalankan roda usaha, jatuh bangun pasti ditemui oleh para UMKM khususnya pada masa pandemi ini, UMKM butuh wadah /sahabat yang tepat untuk mencurahkan segala permasalahannya, di Depok Virtual Expo akan diadakan Klinik Bisnis Kota Depok yang akan membantu UMKM secara one on one dalam mencari solusi berbagai permasalahan yang dihadapi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement