Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Sederet Bonus untuk Greysia/Apriyani

Senin 02 Aug 2021 16:10 WIB

Red: Indira Rezkisari

 Peraih medali emas Greysia Polii, kiri, dan Apriyani Rahayu merayakan saat upacara perebutan medali emas ganda putri pada Olimpiade Musim Panas 2020, Senin, 2 Agustus 2021, di Tokyo, Jepang.

Peraih medali emas Greysia Polii, kiri, dan Apriyani Rahayu merayakan saat upacara perebutan medali emas ganda putri pada Olimpiade Musim Panas 2020, Senin, 2 Agustus 2021, di Tokyo, Jepang.

Foto: AP/Markus Schreiber
Kemenangan Greysia/Apriyani lengkapi perolehan bulutangkis Indonesia di Olimpiade.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Antara, Fitriyanto

Ganda putri bulutangkis Greysia Polii/Apriyani Rahayu menyumbangkan medali emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Sejumlah hadiah menanti Greysia dan Apriyani yang menorehkan sejarah sebagai penyumbang medali emas pertama Indonesia dari cabang ganda putri bulutangkis.

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga menjanjikan bonus Rp 5 miliar untuk peraih emas, perak Rp 2 miliar, dan perunggu Rp 1 miliar di Olimpiade tahun ini. Tak hanya mendapat bonus berupa uang tunai, mereka juga bakal mendapat apresiasi berbentuk sebidang tanah hingga gerai bakso.

Berbagai kalangan telah menyatakan akan memberikan bonus kepada peraih medali dalam pesta olahraga terbesar di dunia tersebut. Misalnya, bos dari J99.Corp, Gilang Widya Pramana, menjanjikan peraih medali emas Rp 500 juta, perak Rp 250 juta, dan perunggu Rp 100 juta.

Selain berbentuk uang, bonus lainnya juga datang berupa sebidang tanah yang dijanjikan Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut untuk Greysia Polii yang merupakan atlet berdarah Manado, Sulawesi Utara. Ada pula bonus gerai kuliner Baso Aci Akang dari influencer sekaligus Youtuber, Arief Muhammad. Dalam akun Instagramnya, Senin (2/8), ia mengucapkan selamat sekaligus berjanji memberikan Greysia/Apriyani masing-masing paket usaha bakso tersebut.

"FINALLY!!! Bangga banget sama Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. Terima kasih sudah membawa pulang medali emas untuk Indonesia. Sesuai janji, cabang @basoaciakang untuk kalian sudah menunggu di Indonesia. Masing-masing dapet satu!," kata Arief Muhammad dalam akun Instagramnya.

Menpora Zainudin Amali juga pernah mengatakan bahwa Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate bakal memberikan bonus. Meski begitu, Amali belum mengungkapkan secara detail bonus yang diberikan.

"Nanti pada saatnya akan diumumkan. Menkominfo Johnny G Plate menyampaikan bahwa itu dari dana pribadi beliau dan akan mengajak teman-temannya juga untuk ikut memberi apresiasi kepada para pahlawan olahraga nasional yang sudah mengibarkan Merah Putih di kancah tertinggi perhelatan olahraga dunia," kata Menpora.

Amiruddin Pora, ayah dari pebulu tangkis ganda putri Apriyani Rahayu, sejak awal pertandingan merasa yakin akan kemenangan putrinya. "Sebelum main, saya yakin pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan menang telak. Saya tidak merasa deg-degan ketika pasangan ini turun ke lapangan," kata Amiruddin Pora ketika dihubungi dari Kendari.

Apriyani Rahayu bersama Greysia Polii berhasil merebut medali emas setelah menang dua set langsung atas pasangan China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dengan angka 21-19, 21-15. "Sekali lagi saya tidak merasa deg-degan atau khawatir ketika mereka turun di lapangan karena sudah terbiasa. Jadi tidak ada pengaruhnya tampil di Olimpiade maupun kejuaraan-kejuaraan yang lain," katanya.

Ia nonton bareng di rumahnya bersama dengan warga. Kemenangan Greysia/Apri membuat suasana di perumahannya langsung riuh. "Kayak mau pecah ini rumah," kata Amiruddin.

Apriyani Rahayu bergabung dengan PB Pelita Bakri pada 3 September 2011 ketika mantan juara dunia bulu tangkis Icuk Sugiarto menjadi ketua PBSI DKI Jakarta. Ia kemudian akhirnya hijrah ke PB Jayaraya Jakarta hingga sekarang ini.

Ketika ditanya apakah Apriyani sempat pulang ke rumah sebelum tampil pada Olimpiade Tokyo ini, Amiruddin mengatakan, seminggu sebelum tampil di Olimpiade anaknya sempat pulang. Apri sengaja ziarah ke makam ibunya saat itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA