Senin 28 Jun 2021 07:00 WIB

5 Cara Turunkan Tekanan Darah

Tekanan darah dapat diturunkan dengan mengubah gaya hidup.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Garam (Ilustrasi), Batasi konsumsi garam untuk menurunkan tekanan darah.
Foto: Pixabay
Garam (Ilustrasi), Batasi konsumsi garam untuk menurunkan tekanan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang yang menderita tekanan darah tinggi perlu mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk tetap sehat dan jauh dari infeksi Covid-19. Langkah pertama dan terpenting adalah mengidentifikasi status kesehatan dan melakukan sesuatu untuk memperbaiki kondisi kesehatan.

Konsultan dan ahli jantung dari Rumah Sakit Columbia Asia Sarjapur Road (Satuan Rumah Sakit Manipal) di India, dr Magesh Balakrishnan, menyarankan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur, bahkan jika tidak memiliki tanda dan gejala hipertensi. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol tekanan darah?

Baca Juga

Pola hidup sehat berperan aktif dalam pengobatan hipertensi. Ini dapat membantu menghindari/menunda timbulnya tekanan darah tinggi dan mengurangi kemungkinan perlunya mengonsumsi obat.

Dilansir Indian Express pada Senin (28/6), berikut adalah lima perubahan gaya hidup yang dapat diterapkan untuk menurunkan tekanan darah.

1. Olahraga teratur

Jika ada satu hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan hipertensi dan mengontrol hipertensi, maka itu adalah olahraga. Yang harus dilakukan adalah melibatkan diri dalam aktivitas fisik yang Anda sukai, seperti berjalan kaki, jogging, aerobik, dan gym selama minimal 30 menit setiap hari.

Olahraga dapat membantu menurunkan tekanan darah sebesar 5-8 mm Hg.

2. Batasi asupan natrium

Ahli menyarankan untuk mengonsumsi garam kurang dari 2,3 gram per hari. Jumlah itu setara dengan satu sendok teh garam dalam sehari.

Mereka yang memiliki kondisi medis tambahan lainnya harus mempertimbangkan membatasi konsumsi garam menjadi 1,5 gram per hari hingga 1,8 gram per hari. Konsumsi garam dalam batas tersebut akan menghasilkan penurunan tekanan darah 3-4 mm Hg

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement