Selasa 22 Jun 2021 12:20 WIB

7 Gejala Hipertensi yang Kurang Diketahui

Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka menderita hipertensi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Pengukuran tekanan darah. Dalam kebanyakan kasus, hipertensi tidak menunjukkan tanda atau gejala apa pun.
Foto: iStockPhoto
Pengukuran tekanan darah. Dalam kebanyakan kasus, hipertensi tidak menunjukkan tanda atau gejala apa pun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahukah Anda hipertensi sering disebut sebagai silent killer? Konsultan dan ahli jantung dari Rumah Sakit Columbia Asia Sarjapur Road (Satuan Rumah Sakit Manipal) di India, dr Magesh Balakrishnan, menjelaskan silent killer menjadi salah satu bukti bahwa hipertensi itu nyata.

“Sampai tekanan darah tinggi yang mendasari memicu masalah kronis, seperti serangan jantung atau strok, kondisi ini mungkin tidak diketahui banyak orang,” kata Balakrishnan, dilansir Indian Express, Ahad (20/6).

Baca Juga

Dalam kebanyakan kasus, hipertensi tidak menunjukkan tanda atau gejala apa pun. Tekanan darah tinggi paling banyak memengaruhi orang tua dan usia paruh baya.

Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka menderita hipertensi. Mereka rata-rata hanya mengalami sedikit gejala, seperti sakit kepala atau rasa penuh di kepala, gelisah, gangguan penglihatan, atau muntah.

Ketika tekanan darah tinggi tidak dikenali dalam waktu lama, kondisinya bisa bertambah buruk dan gejala kerusakan organ mulai terlihat. Organ yang paling dominan terkena adalah otak, jantung, ginjal, dan mata.

Apa saja faktor pemicu hipertensi?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement