Selasa 22 Jun 2021 05:42 WIB

Bellerin Bela Arteta yang Buat Perubahan tak Kelihatan

Arsenal menjalani musim buruk bersama pelatih Mikel Arteta.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.
Foto: AP / Tim Keeton, Pool
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain Arsenal Hector Bellerin memuji Mikel Arteta yang menurutnya telah membuat perubahan pada the Gunners. Menurut dia, perubahan itu tidak akan dilihat oleh penggemar dan pundit sepak bola. 

Arteta mengalami musim penuh pertama yang buruk. Arsenal gagal lolos ke kompetisi Eropa musim depan untuk kali pertama dalam 25 tahun setelah finis di urutan kedelapan Liga Primer Inggris 2020/2021. 

Baca Juga

Pendukung Arsenal memintanya untuk pergi di tengah rentetan empat kekalahan kandang berturut-turut sepanjang Oktober dan November. Arsenal kemudian disingkirkan oleh Villarreal yang ditukangi mantan pelatih the Gunners, Unai Emery, di semifinal Liga Europa.

Meskipun menjalani musim mereka buruk, Bellerin mendukung Arteta dengan menyebutkan pelatih asal Spanyol tersebut membuat perubahan di Arsenal yang mungkin tidak diperhatikan orang.

"Saya pikir secara pribadi di Arsenal ada sesuatu (penekanan pada pergerakan tanpa bola) yang telah banyak berubah," kata Bellerin di High Performance Podcast, dikutip dari Daily Star, Senin (21/6). "Saya pikir etika dan cara mereka bekerja sejak Mikel menjadi manajer klub telah berubah total." 

Menurut dia, ada lebih banyak penekanan pada perilaku itu, mulai dari cara berlari, kembali bertahan, atau menciptakan ruang untuk pemain.

"Karena, Anda tahu Anda bisa bergerak untuk menerima bola, Anda bisa bergerak menjauhkan pemain atau Anda bisa ke ruang kosong. Ada banyak cara Anda bisa bergerak. Terkadang gol dikreasi bukan oleh pemain yang mengoper bola, atau pemain yang mencetak gol itu sendiri, tetapi oleh pemain yang benar-benar menciptakan ruang," kata bek Arsenal ini menjelaskan.

Menurut Bellerin, para penggemar di tribun mungkin tak melihat ini. Begitu halnya para pundit sepak bola sehingga mengkritik Arteta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement