Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Putri Yockie Suryoprayogo Hidupkan Lagi Lagu Sang Ayah

Kamis 17 Jun 2021 14:12 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Semasa hidupnya, almarhum musisi Yockie Suryoprayogo telah menciptakan banyak lagu.

Semasa hidupnya, almarhum musisi Yockie Suryoprayogo telah menciptakan banyak lagu.

Foto: Republika/Prayogi
Semasa hidupnya, almarhum musisi Yockie Suryoprayogo telah menciptakan banyak lagu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semasa hidupnya, almarhum musisi Yockie Suryoprayogo telah menciptakan banyak lagu menawan. Dia pun pernah tergabung dalam berbagai grup musik seperti Badai Band, God Bless, Giant Step, serta Kantata Takwa.

Setelah tutup usia pada Februari 2018, lagu-lagu Yockie masih kerap dinikmati para pencinta musik Indonesia. Kini, salah satu karyanya dinyanyikan ulang oleh sang buah hati, Aya Anjani, yang berkolaborasi dengan Parlemen Pop.

Tembang berjudul "Terbanglah Lepas" itu termuat dalam album mini Lagu Baru Dari Masa Lalu Volume 1. Album merupakan proyek kerja sama antara MLDSPOT dengan lembaga nirlaba pengarsipan digital rilisan musik populer Indonesia, Yayasan Irama Nusantara.

Aya Anjani menyampaikan, sejak lama dia memang memiliki rencana untuk meng-cover salah satu lagu ayahnya. Secara kebetulan, MLDSPOT dan Irama Nusantara menawarkan kolaborasi tersebut, meski dengan lagu berbeda dari yang dia rencanakan.

Dia dan Randy MP dari Parlemen Pop pun membincangkan aransemen yang bakal mereka usung untuk versi anyar tersebut. Kedua musisi sepakat untuk tetap mempertahankan nuansa kemegahan yang ada di lagu aslinya.

"Ini proyek pertama yang prosesnya sama sekali enggak ketemu. Gue dari rumah, Randy dari studio. Enggak ada kendala karena awal ngomong sama Randy sudah satu visi," kata Aya pada konferensi pers virtual, Rabu (16/6).

Randy MP dari Parlemen Pop mengaku semula berpikir keras karena harus mengaransemen ulang karya dari Yockie. Apalagi, sosok Yockie adalah salah satu musisi idolanya yang memberikan banyak pengaruh terhadap musikalitas Randy.

"Tantangannya, jiper karena lagu Om Yockie. Sempat bingung mau diapain karena lagu aslinya sudah keren banget. Akhirnya memutuskan enggak banyak perubahan karena mau preserve musik di era itu," ungkapnya.

Album mini Lagu Baru dari Masa Lalu Volume 1 memuat total lima lagu dari era 1980-an yang diaransemen ulang. Judul lain yakni "Walau dalam Mimpi", "Senja dan Kahlua", "Dunia yang Ternoda", dan "Kisah Insani".

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA