Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Biden dan Putin akan Bertemu, Ini yang akan Dibahas

Selasa 15 Jun 2021 17:51 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah

 Presiden Rusia Vladimir Putin.

Presiden Rusia Vladimir Putin.

Foto: AP/Alexander Zemlianichenko/AP Pool
Kedua kepala negara akan bahas isu keamanan siber sampai penanganan Covid.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden diagendakan melakukan pertemuan di Jenewa, Swiss, pada Rabu (16/6). Mereka akan membicarakan stabilitas strategi, keamanan siber, dan penanganan Covid-19.

"Ini adalah keadaan dan prospek untuk pengembangan hubungan Rusia-AS, masalah utama stabilitas strategis, keamanan informasi, perang melawan kejahatan dunia maya,” ungkap ajudan Kremlin Yuri Ushakov, dilaporkan laman Sputnik, Selasa (15/6).

Menurut dia, masalah khusus yang luar biasa dari hubungan bilateral akan dibahas secara terpisah. “Kemudian topik kerja sama ekonomi, iklim, Kutub Utara, dan tentu saja perang melawan pandemi virus korona,” ujarnya.

Ushakov mengatakan Putin dan Biden juga akan membahas masalah regional. Penyelesaian Timur Tengah, situasi di Suriah, Libya, Afghanistan, Semenanjung Korea, serta program nuklir Iran akan menjadi beberapa topik yang dibicarakan.

Mereka pun diperkirakan akan turut mendiskusikan krisis Ukraina. "Ini adalah topik yang disepakati dalam agenda, tetapi Anda sangat menyadari bahwa presiden dapat menyentuh topik apa pun sesuai kebijaksanaan mereka. Masalah yang tidak disepakati sebelumnya dan tidak ditunjukkan dalam agenda juga dapat diangkat," kata Ushakov.

Menurut Ushakov, topik mengenai keamanan siber akan menjadi perhatian khusus dalam pertemuan Putin dengan Biden. “Baru-baru ini, tuduhan tidak masuk akal terhadap Rusia tentang kerja sama dengan kejahatan dunia maya semakin terdengar di AS," ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA