Jumat 23 Apr 2021 13:58 WIB

Kabar Baik dari Quebec, Masjid Pertama Selesai Dibangun

Masjid tersebut juga terbuka untuk non-Muslim yang ingin belajar mengenai Islam.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah
Kabar Baik dari Quebec, Masjid Pertama Selesai Dibangun
Foto: Anadolu Agency
Kabar Baik dari Quebec, Masjid Pertama Selesai Dibangun

REPUBLIKA.CO.ID, QUEBEC -- Kabar baik di Ramadhan tahun ini datang dari Quebec, Kanada. Komunitas Muslim setempat, tepatnya di Chibougamau sekitar 700 Km dari Montreal, baru saja meresmikan masjid dan pusat Islam pertama di kota tersebut.

“Saya ingin membuka pusat komunitas ketika saya melihat Muslim lain tinggal di Chibougamau saat pindah ke sini setahun yang lalu, tempat di mana kita semua bisa berkumpul dan berdoa,” kata Hichem Djemai dikutip dari About Islam, Jumat (23/4).

Baca Juga

Berdasarkan laporan CBC, Pusat Komunauter El Mouahidine de Chibougamau dibuka untuk pertama kalinya pada 19 Maret silam, beberapa pekan sebelum Ramadhan. Pembukaan itu, menjadi yang pertama kalinya bagi umat Islam agar dapat bisa berkumpul selama bulan suci Ramadhan di sebuah masjid.

Sebagai motor penggerak komunitas, Djemai, berharap dengan adanya balai tersebut akan tercipta ruang tempat berkumpulnya masyarakat luas. Terlebih, agar ada tempat bagi anak-anak, sehingga mereka bisa datang selepas sekolah untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Djemai juga mempersilakan bagi Non-Muslim untuk datang dan belajar lebih banyak menyoal arti menjadi Muslim. Muslim adalah salah satu komunitas yang tumbuh paling cepat di Kanada, jika merujuk pada badan statistik negara itu, Statistics Canada.

“Keyakinan (Islam) telah banyak membantu saya. Saya adalah seorang pemuda pemberontak saat saya tumbuh dewasa dulu. Berdoa, kembali membantu saya, saya menjadi orang yang lebih baik, manusia yang lebih baik dan manusia yang lebih baik,” kata Djemai.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement