Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Cara Bikin Cinnamon Latte di Rumah Ala Mikael Jasin

Kamis 22 Apr 2021 04:35 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Head of Coffee Kopi Kenangan Mikael Jasin berbagi resep salah satu varian kopi andalannya yaitu Cinnamon Latte.

Head of Coffee Kopi Kenangan Mikael Jasin berbagi resep salah satu varian kopi andalannya yaitu Cinnamon Latte.

Foto: Pixabay
Cinnamon Latte cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama Ramadhan dan pandemi Covid-19, intensitas nongkrong di cafe untuk menikmati kopi favorit mungkin menurun. Namun kondisi ini bukanlah penghalang untuk menikmati kopi, sebab Anda bisa meraciknya sendiri dari rumah.

Head of Coffee Kopi Kenangan Mikael Jasin berbagi resep salah satu varian kopi andalannya yaitu Cinnamon Latte. Selain rasanya yang enak, bagi Mikael, cinnamon latte juga sangat merepresentasikan Indonesia sebagai produsen cinnamon dan kopi terbesar di dunia.

“Cinnamon kan salah satu komoditi rempah yang paling banyak diekspor di Indonesia, begitupun kopi. Jadi ceritanya, saya ingin menunjukkan kekuatan Indonesia lewat perpaduan kopi dengan rempah,” kata Mikael dalam webinar kelas kenangan pada Rabu (21/4).

Bahan yang perlu disiapkan antara lain, kopi espresso, sirup cinnamon, susu full cream, evaporated milk dan whipped cream, serta es batu. Untuk kopi espresso, Anda bisa membelinya secara daring dari kedai kopi terdekat atau membuatnya sendiri, jika Anda memiliki stok biji kopi di rumah.

“Untuk susunya saya pakai tiga jenis agar menghasilkan taste yang nggak boring. Makanya pakai full cream, evaporated milk dan whipped cream,” kata Mikael.

Cara pembuatannya pun sangatlah simple, berikut penjelasan dari Mikael:

1. Masukkan es batunya sesuai selera ke dalam gelas

2. Masukkan 60 ml susu full cream, 30ml evaporated milk dan 30 ml whipped cream. Lalu aduk, supaya teksturnya merata.

3. Siapkan gelas terpisah untuk kopi dan sirup. Tuangkan 40 ml kopi espresso dan sirup sebanyak 20 ml. Lalu aduk secara normal. Namun jika Anda memiliki alat frother, Anda bisa menggunakannya supaya kopi dan sirup tersebut menjadi berbusa.

4. Setelah kopi dan sirup teraduk sempurna, tuangkan ke atas gelas yang diisi susu.

5. Untuk finishing, Anda bisa menambahkan cinnamon batangan atau powder di atas kopi. Dan ya, Cinnamon Latte sudah bisa dinikmati.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA